Kreativitas Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Di SDN 177/VII Pematang Kabau I Pada Masa Pandemi Covid-19

Roza, Kiki Dwilia (2021) Kreativitas Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Di SDN 177/VII Pematang Kabau I Pada Masa Pandemi Covid-19. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB I.docx.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)

Abstract

ABSTRAK Roza. Kiki Dwilia. 2021. Kreativitas Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik di SDN 177/VII Pematang Kabau I Pada Masa Pandemi Covid-19: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd, M.Pd (II) Alirmansyah, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Kreativitas mengajar guru, Pembelajaran tematik Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik yaitu berupa bentuk kreativitas guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran pada saat pandemic Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 177/VII Pematang Kabau I, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi teknik yaitu penggunaan beragam teknik pengungkapan data yang dilakukan kepada sumber data untuk mengecek dan menguji data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik pada masa pandemic Covid-19 ini yaitu: (1) guru mampu merancang pelaksanaan pembelajaran dengan baik, guru dapat mengatur waktu sebaik mungkin untuk tercapainya pelaksanaan pembelajaran yang menyenangkan dan dapat dipahami oleh peserta didik; (2) guru mampu melaksanakan pembelajaran tematik, membuka pembelajaran dengan pendekatan melalui ativitas peserta didik di rumah, inti pembelajaran guru menggunaan media yang dapat mempermudah peserta didik memahami pembelajaran seperti membuat wayang-wayangan guna untuk menceritakan kebersamaan keluarga, kartu bilangan, stik es krim, dan kartu ucapan, guru menggunakan metode sesuai dengan kondisi peserta didik dan membuat pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan seperti ceramah bervariasi, permainan, penugasan, Tanya jawab, dan diskusi, sumber belajar yang digunakan guru yaitu buu tematik guru, buku tematikk siswa, dan buku cerita sesuai dengan materi pembelajaran; (3) guru mampu mengevaluasi pembelajaran dari pelaksanaan pembelajaran dan perancangan pelaksanaan pembelajaran dengan membuat catatan kecil dan dibuat sebagai acuan dalam merancang pelaksanaan pembelajaran berikutnya. Temuan data wawancara juga memperkuat hasil temuan observasi, yang menunjukan bahwa guru kelas IA kreatif dalam melaksanakan pembelajaran tematik pada masa pandemic Covid-19.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Kiki Dwilia Roza
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:40
Last Modified: 21 Jun 2021 06:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20737

Actions (login required)

View Item View Item