STRATEGI GURU DALAM MENCIPTAKAN PROSES PEMBELAJARAN MENYENANGKAN SEBELUM DAN SAAT MASA PANDEMI COVID-19

Pandiangan, Noprita Nela and Syahrial, Syahrial and Budiono, Hendra (2021) STRATEGI GURU DALAM MENCIPTAKAN PROSES PEMBELAJARAN MENYENANGKAN SEBELUM DAN SAAT MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Jami.

[img] Text
cover respository.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR ISI respository.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I E SKRIPSI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB V E SKRIPSI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (399kB)

Abstract

ABSTRAK Pandiangan, Noprita Nela. 2021. Strategi Guru dalam Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Sebelum dan Saat Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Strategi, Pembelajaran Menyenangkan, Pandemi Covid-19 Penelitian ini bertujuan adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menciptakan proses pembelajaran menyenangkan sebelum dan saat masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di SDN 34/I Teratai. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru Sekolah Dasar. Subjek dalam penelitian ini disebut informan, dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tiga cara yaitu: Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Hasil dari temuan penelitian ini diketahui ada 21 hal yang dilakukan guru dalam menciptakan proses pembelajaran menyengankan sebelum pandemi dan saat masa pandemi covid-19 yaitu dengan : 1) Mengubah posisi duduk, 2) Bersikap adil, 3) Membangun komunikasi positif, 4) Kunjungan rumah, 5) Belajar dari lingkungan, 6) Belajar diluar kelas, 7) Memotivasi siswa, 8) Memahami karakterisik siswa, 9) Melibatkan siswa, 10) Menggunakan humor, 11) Melakukan Ice breaking, 12) Mengapresiasi, 13) Menggunakan benda-benda konktret, 14) Tidak menciptakan ketakutan, 15) Belajar sambil bermain, 16) Variasi metode mengajar, 17) Menggunakan media atau alat peraga, 18) Melakukan kuis, 19) Membuat video pembelajaran, 20) Melakukan praktek, 21) Mengadakan bimbingan. Dari hasil pembahasan ditarik kesimpulan bahwa dalam strategi guru dalam menciptakan proses pembelajaran menyenangkan sebelum dan saat masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 34/I Teratai adalah, 1) Guru menyiapkan materi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik, 2) Guru membuka proses pembelajaran dengan menarik perhatian peserta didik terlebih dahulu dengan hal-hal yang menyenangkan, 3) Guru membangun komunikasi yang positif antara guru dan peserta didik serta dengan orang tua, 4) Guru menyiapkan media atau alat peraga pembelajaran yang menarik, 5) Menggunakan lingkungan belajar yang menarik, 6) Menggunakan sumber belajar yang variatif, 7) Memberikan motivasi belajar pada peserta didik, 8) melakukan ice breaking saat pembelajaran sudah berlangsung lama dan jenuh.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NOPRITA NELA PANDIANGAN
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:39
Last Modified: 21 Jun 2021 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20763

Actions (login required)

View Item View Item