PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI IPA SMA/MA

Desmila, Ira (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI IPA SMA/MA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI IRA DESMILA (A1C17010).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (76kB)
[img] Text
pengesahan pdf.pdf

Download (70kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)

Abstract

Materi laju reaksi merupakan salah satu materi kimia kelas XI pada kurikulum 2013, pada materi ini terdiri dari teori tumbukan, perhitungan dari suatu laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi kimia. Pada umumnya pembelajaran kimia saat ini hanya mengajarkan pada level makroskopik saja, sedangkan level sub mikroskopik dan simbolik hanya dalam bentuk hafalan yang abstrak akibatnya peserta didik tidak mampu membayangkan bagaimana proses dan struktur suatu zat yang mengalami reaksi. Media pembelajaran salah satu alat yang dapat membantu dalam pembelajaran kimia terlebih lagi dimasa pandemi ini dibutuhkan alat bantu yang dapat mempermudah dalam pembelajaran kimia. Dalam pembelajaran kimia yaitu materi laju reaksi juga dituntut keterampilan proses. Untuk dapat meningkatkan keterampilan proses sains diperlukan sebuah inovasi pada media pembelajaran yaitu dengan pengembangan media pembelajaran berupa Multimedia Interaktif berbasis Android. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Produk yang dihasilkan adalah berupa multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada materi laju reaksi kelas XI IPA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Lee & Owens. Model ini memiliki lima tahapan yaitu Analyze (Menganalisis), Design ( Desain), Develope (Mengembangkan), Implement (Melaksanakan), dan Evaluate (Evaluasi). Hasil dari penelitian ini bahwa media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Android untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi laju reaksi Kelas XI IPA SMA/MA ini mendapat hasil dari penilaian guru yaitu kategori sangat baik. Untuk respon siswa dengan persentase 87,6% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis android materi laju reaksi sudah layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran kimia. dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: IRA DESMILA
Date Deposited: 17 Jun 2021 07:02
Last Modified: 17 Jun 2021 07:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20820

Actions (login required)

View Item View Item