Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Laboratorium Virtual dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam

Utami, Friska (2021) Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Laboratorium Virtual dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Daftar Isi 1.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (165kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam proses belajar dan mengajar sangat dibutuhkan khususnya dalam pembelajaran kimia yang sering menggunakan laboratorium. Hal ini berguna untuk memunculkan ide-ide kreatif siswa dalam memecahkan suatu proyek yang ditugaskan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model Project Based Learning berbantuan laboratorium virtual pada materi hidrolisis garam dan (2) mengetahui apakah ada korelasi penerapan model Project Based Learning berbantuan laboratorium virtual terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini berjenis gabungan kualitatif dan kuantitatif. Data yang diambil melalui wawancara, lembar observasi aktivitas pelaksanaan proyek, dan tes essay kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA tahun ajaran 2020/2021 dengan teknik pengambilan sampel secara simple purposive sampling dengan mengambil satu sampel yaitu kelas XI IPA 3. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan laboratorium virtual terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dianalisis menggunakan uji korelasi produk momen (r) dan kemudian dicari nilai koefisien determinasinya. Penerapan model Project Based Learning berbantuan laboratorium virtual oleh guru dan siswa dikategorikan baik, yang dilihat dari peningkatan persentase keterlaksanaan model pembelajaran oleh siswa pada setiap pertemuannya. Dimana pada pertemuan pertama, persentase keterlaksanaan model pembelajaran oleh siswa sebesar 59,27% yang masuk ke dalam kategori baik, pada pertemuan kedua meningkat menjadi 69,78% dengan kategori baik, dan pada pertemuan ketiga meningkat lagi menjadi 78,97% dengan kategori baik pula. Kemudian korelasi penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan laboratorium virtual dan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh nilai rxy sebesar 0,7044 dengan tingkat hubungan kuat dan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 49,61% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan laboratorium virtual berjalan dengan baik dan memiliki korelasi dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hidrolisis garam di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: UTAMI
Date Deposited: 18 Jun 2021 03:49
Last Modified: 18 Jun 2021 03:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20935

Actions (login required)

View Item View Item