ANALISIS KEMAMPUAN KEAKSARAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA BALOK HURUF DI TK HAROKATIL ISLAMIAH MUARO JAMBI

MARYA, ANA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KEAKSARAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA BALOK HURUF DI TK HAROKATIL ISLAMIAH MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Marya, Ana. 2021. Analisis Kemampuan Keaksaraan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Media Balok Huruf Di TK Harokatil Islamiah Muaro Jambi. Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M. Si., (II) Dr. Indryani, S. Pd. M.Pd. I Kata Kunci: Kemampuan Kekasaraan, Media Balok Huruf Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada tanggal 15 Juli 2020 di kelas A TK Harokatil Islamiah Muaro Jambi terdapat 11 anak dari 32 anak yang memiliki kemampuan keaksaraan yang baik dengan inisial ANA, AU, ETA, AN, ZAM, SAZ, AZ, NK, WRD, ZNK, dan AMD. Sedangkan 21 anak lainnya pada kemampuan keaksaraannya belum optimal dengan inisial AHA, AJK, MNA, NSA, LMO, AHA, KJR, MAA, DAM, AZA, RAHM, MAA, AN, N, RDA, EPL, SN, ZH, RFA, TA dan AJN. Masih banyak anak yang belum mampu mengenal simbol-simbol, hal ini terlihat saat anak sering kali terbalik dalam menyebutkan huruf dan belum bisa membedakan huruf yang terlihat sama seperti M dan W, anak masih bingung dalam mengurutkan huruf A sampai Z Media balok huruf pada penelitian ini menurut pendapat Sudono (2010). Sedangkan kemampuan keaksaraan pada penelitian ini menurut pendapat Purnama (2018). Rumusan masalah penelitian ini yaitu: bagaimanakah tingkatan kemampuan keaksaraan pada anak usia 4-5 tahun menggunakan media balok huruf di TK Harokatil Islamiah Muaro Jambi?. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk menganalisis tingkatan kemampuan keaksaraan pada anak usia 4-5 tahun menggunakan media balok huruf di TK Harokatil Islamiah Muaro Jambi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian yang peneliti lakukan di TK Harokatil Islamiah dan waktu penelitian lebih kurang dalam waktu 1 bulan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok A yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 32 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data langsung dan sumber data dari penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis persentase. Berdasarkan hasil pengolahan data mengenai analisis kemampuan keaksaraan pada anak usia 4-5 tahun dalam aspek mengenal simbol-simbol berada pada tingkatan “Tinggi” (64%). Kemampuan keaksaraan pada anak usia 4-5 tahun dalam aspek mengenal suara-suara hewan/benda yang ada disekitarnya berada pada tingkatan “Tinggi” (67,90%). Kemampuan keaksaraan pada anak usia 4-5 tahun dalam aspek membuat coretan yang bermakna berada pada tingkatan “Sedang” (56,58%). Kemampuan keaksaraan pada anak usia 4-5 tahun dalam aspek menirukan (menuliskan dan mengucapkan) huruf A-Z berada pada tingkatan “Sedang” (51,38). Kesimpulan pada penelitian ini yaitu kemampuan keaksaraan pada anak usia 4-5 tahun menggunakan media balok huruf di TK Harokatil Islamiah Muaro Jambi secara umum berada pada tingkatan “Tinggi” (60%).

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing: (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M. Si., (II) Dr. Indryani, S. Pd. M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kekasaraan, Media Balok Huruf
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: ANA MARYA
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:02
Last Modified: 21 Jun 2021 07:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20938

Actions (login required)

View Item View Item