ANALISIS PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI CAHAYA DENGAN LESSON STUDY BERBASIS TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) KELAS VIII SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

Murzanita, Melisa (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI CAHAYA DENGAN LESSON STUDY BERBASIS TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) KELAS VIII SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)

Abstract

Murzanita, Melisa. 2021. Analisis Pembelajaran IPA pada Materi Cahaya dengan Lesson Study Berbasis TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) Kelas VIII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nova Susanti, S.Pd., M.Si., (II) Neneng Lestari, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran IPA, Transcript Based Lesson Analysis, Lesson Study Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran IPA yang hanya terfokus pada penjelasan materi, sedikit pemberian contoh soal dan latihan soal sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan lesson study dan menganalisis proses pembelajaran IPA melalui lesson study berbasis TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) dimana analisis yang difokuskan yaitu teacher centered dan student centered. Adapun tahapan lesson study yang dilaksanakan yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do) dan refleksi (see). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Penelitian ini dilaksankan di kelas VIII.2 SMP Islam Al-Falah Kota Jambi melalui 2 siklus penelitian. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII.2 yang berjumlah 32 siswa sedangkan sampel penelitian ini adalah 2 orang siswa kelas VIII.2. Sumber data kualitatif diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan pada saat proses pembelajaran sementara dokumentasi diperoleh dari rekaman audio/video proses pembelajaran (interaksi antara guru dan siswa) yang selanjutnya ditranskrip dalam bentuk dialog percakapan guru dan siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu berdasarkan analisis transkrip pembelajaran yang dibuat dalam bentuk grafik satuan kata terlihat bahwa proses pembelajaran IPA pada siklus 1 di dominasi oleh guru, namun siswa juga cukup aktif dalam pembelajaran dilihat dari siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Sedangkan siklus 2 dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran pada siklus 1 yaitu pembelajaran dilakukan dengan diskusi kelompok dengan tujuan agar siswa lebih aktif. Namun proses pembelajaran masih di dominasi oleh guru (teacher centered). Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan secara daring sehingga siswa mengalami kesulitan berinteraksi secara langsung dan kurangnya motivasi serta semangat belajar yang dimiliki oleh siswa. Simpulan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran IPA melalui lesson study pada materi cahaya sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan tahapan lesson study dan proses pembelajaran IPA pada materi cahaya masih di dominasi oleh guru atau bersifat teacher centered. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu guru dapat menerapkan lesson study berbasis TBLA dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan guru untuk memperbaiki proses pembelajaran selanjutnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Melisa Murzanita
Date Deposited: 18 Jun 2021 06:40
Last Modified: 18 Jun 2021 06:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20962

Actions (login required)

View Item View Item