Sukma Ajeng Ningtyas, Sri and UNSPECIFIED (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK MELALUI LESSON STUDY BERBASIS TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
Abstract
Ningtyas, Sri Sukma Ajeng. 2021. Analisis Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi pada Materi Alat-alat Optik melalui Lesson Study Berbasis TBLA (Transcript Based Lesson Analysis): Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nova Susanti, S.Pd., M.Si., (II) Neneng Lestari, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Transcript Based Lesson Analysis, Pembelajaran IPA, Lesson Study Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam pembelajaran IPA yang masih terfokus pada penjelasan materi serta kurangnya penerapan contoh soal dan latihan yang mengakibatkan siswa tidak aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Lesson study dalam proses pembelajaran IPA dan menganalisis proses pembelajaran berbasis TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) pada materi alat-alat optik di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi Tahun Pelajaran 2020/2021. Adapun tahapan Lesson study yang dilaksanakan yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Penelitian ini dilakukan di kelas VIII.5 SMP Islam Al-Falah Kota Jambi pada Februari 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.5 yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian diperoleh dengan cara merekam seluruh aktivitas pembelajaran dikelas menggunakan alat dokumentasi berupa rekaman video/audio serta catatan lapangan observer sebagai lembar pengamatan yang kemudian ditranskrip kedalam bentuk dialog percakapan guru dan siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus Lesson study. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA pada siklus 1 dan siklus 2 percakapan masih didominasi oleh guru atau bersifat TCL (Teacher Centered Learning) terlihat dari transkrip percakapan yang dibuat dalam bentuk grafik satuan kata. Pada prosesnya guru terlalu banyak memberikan materi karena guru terlihat kurang yakin dengan kemampuan peserta didik. Ini disebabkan pembelajaran yang dirasa sulit untuk sebagian siswa dan kurangnya motivasi dalam proses belajar. Walaupun pembelajaran masih didominasi oleh guru, percakapan siswa pada siklus 2 mengalami penambahan. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilaksanakan dengan diskusi kelompok yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara dan menyampaikan pendapat. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bersifat TCL (Teacher Centered Learning). Oleh karena itu disarankan agar guru dapat menerapkan Lesson study berbasis TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) dalam pembelajaran karena TBLA diyakini mampu membuka permasalahan yang terjadi pada saat pembelajaran sehingga guru mendapatkan masukan secara mendalam berdasarkan dialog yang terjadi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SRI SUKMA AJENG NINGTYAS |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 06:41 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 06:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |