HUBUNGAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN SAINS DENGAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK SE-KECAMATAN MARO SEBO KABUPATEN MUARO JAMBI

ASTURINA, ANA (2021) HUBUNGAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN SAINS DENGAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK SE-KECAMATAN MARO SEBO KABUPATEN MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (37kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (72kB)

Abstract

ABSTRAK Asturina, Ana. 2021. “Hubungan Kemampuan Pembelajaran Sains Dengan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Di TK Se-Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi”: Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs H. Hendra Sofyan, M.Si (II) Nofrans Eka Saputra, S.Psi., M.A. Kata Kunci : Pembelajaran Sains, Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Tujuan-tujuan program pengembangan pembelajaran sains yang dihubungkan dengan dimensi sains proses, yaitu tujuan diarahkan pada penguasaan keterampilan-keterampilan yang diperlukan dalam menggali dan mengenal sains. Kemampuan akhirnya adalah anak menguasai cara-cara kerja yang ditempuh dalam menyingkap alam dan menyelesaikan masalah yang terkait dengannya. Perkembangan tersebut mencakup tiga komponen, yaitu belajar berperilaku dengan cara yang disetujui secara sosial, bermain dalam peranan yang disetujui secara sosial, dan perkembangan sikap sosial. Penelitian ini Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kegiatan pembelajaran sains dengan kemampuan sosial anak usia dini di TK Se-Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Korelatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif, yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka, disamping itu juga data kualitatif digunakan sebagai pendukungnya. Sampel pada penelitian ini berjumlah 42 orang tua anak usia dini Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji validitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis yang meliputi kegiatan mengamati, bertanya, mengumpulkan, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan secara berturut-turut adalah 0,465; 0,240; 0,266; 0,205 dan 0,242. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi pembelajaran sains lebih besar dari 0,05 (P>0,05) sehingga dengan kesimpulan penelitian pembelajaran sains memiliki hubungan dengan perkembangan sosial anak usia dini di TK Se- Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing: (I) Dr. Drs H. Hendra Sofyan, M.Si (II) Nofrans Eka Saputra, S.Psi., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sains, Kemampuan Sosial Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: ANA ASTURINA
Date Deposited: 22 Jun 2021 02:29
Last Modified: 22 Jun 2021 02:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21289

Actions (login required)

View Item View Item