PENGARUH MEDIA SANDPAPER LATTER TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA MENDALO DARAT

NURZAHARA, SITI (2021) PENGARUH MEDIA SANDPAPER LATTER TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA MENDALO DARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK Nurzahra. Siti. 2021. “Pengaruh Media Sandpaper Latter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Mendalo Darat”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing 1 Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd, Pembimbing 2) Nofran Eka Saputra., S.Psi., M.A. Kata Kunci: Media Sandpaper Latter, Kemampuan Mengenal Huruf Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelompok B TK Dharma Wanita Mendalo Darat dari 24 anak terdapat 18 anak berinisial AD, AF, AG, AJ, BK, BA, BS, CA, CI, DE, FA, GA, HA, HS, JU, KA, LI, MS, kemampuan bahasa khususnya kemampuan mengenal huruf belum berkembang secara optimal dibandingkan dengan kemampuan-kemampuan lainnya, seperti kemampuan fisik motorik, kognitif, dan sosial-emosional. Media Sandpaper Latter pada penelitian ini menurut pendapat (Guttek, 2013: 73), sedangkan kemampuan mengenal huruf pada penelitian ini menurut pendapat Slamet Suyanto (2005: 165). Rumusan masalah penelitian ini yaitu Apakah terdapat pengaruh media sandpaper latter terhadap kemampuan mengenal huruf pada Kelompok B TK Dharma Wanita Mendalo Darat?, Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui pengaruh media sandpaper latter terhadap kemampuan mengenal huruf pada Kelompok B TK Dharma Wanita Mendalo Darat, Hipotesis penelitian ini Terdapat pengaruh media sandpaper latter terhadap kemampuan mengenal huruf pada Kelompok B TK Dharma Wanita Mendalo Darat. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan rancangan One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak TK Dharma Wanita Mendalo Darat berjumlah 30 anak. Sampel penelitian ini 15 anak mengunakan teknik random sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah media sandpaper latter, variabel terikat adalah kemampuan mengenal huruf. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala Likert. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan data Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu untuk data tes awal di dapat L hitung 0.1071 yang < L tabel 0.2287 sedangkan untuk data tes akhir didapat L hitung sebesar 0,1088 yang< L tabel 0,2287, n1 = 15, n2 = 15, S12 data tes awal = 0, 89 dan S22 data tes akhir = 0,78. S12 Selanjutnya dengan dk pembilang (V1) = 15 dan dk penyebut (V2) = 15 diperoleh Fhitung secara keseluruhan sebesar 1,13 dengan Ftabel = 3,68, Dengan db = N – 1= 15 – 1 = 14 dan taraf signifikasi 5%, angka batas penolakan hipotesis nol dalam ttabel adalah 1.7613, sedangkan nilai t yang diperoleh adalah sebesar 3,7453. Kesimpulan penelitian ini Terdapat pengaruh media sandpaper latter terhadap kemampuan mengenal huruf pada Kelompok B TK Dharma Wanita Mendalo Darat, dengan nilai 1,3676 yang berada pada rentang > 1 yaitu kategori kuat (Strong effect).

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing 1 Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd, Pembimbing 2) Nofran Eka Saputra., S.Psi., M.A.
Uncontrolled Keywords: Media Sandpaper Latter, Kemampuan Mengenal Huruf
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: SITI NURZAHARA
Date Deposited: 22 Jun 2021 02:34
Last Modified: 22 Jun 2021 02:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21309

Actions (login required)

View Item View Item