Desain E-Modul Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras

Pangestu, Agung (2021) Desain E-Modul Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1.pdf

Download (202kB)
[img] Text
2.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Untuk Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Branch (2009). ADDIE merupakan sebuah akronim dari tahapan yang ada di dalamnya yakni Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluate (evaluasi). Subjek uji coba penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII SMP N 11 Kota Jambi dengan uji coba perorangan yang dilakukan 1 orang guru matematika dan uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 9 orang siswa dengan rendah, sedang, dan tinggi dari segi kognitif, keterampilan, minat dan bakat, sedangkan untuk uji coba kelompok besar satu kelas yaitu kelas VIII E yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari angket validasi instrumen, angket validasi materi, angket validasi desain, angket respon peserta didik, serta soal tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa e-modul menggunakan Kvisoft Flipbook Maker berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) termasuk kedalam kriteria valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari : 1) Persentase kevalidan e-modul dari ahli materi 96,36% (sangat valid) dan ahli desain 91,11% (sangat valid), 2) Persentase kepraktisan e-modul oleh pendidik 97,78% dan peserta didik 86,39%, 3) persentase keefektifan e-modul dari angket respon peserta didik 78,71% dan dari ketuntasan tes hasil belajar 90,625%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: AGUNG PANGESTU
Date Deposited: 22 Jun 2021 02:26
Last Modified: 22 Jun 2021 02:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21328

Actions (login required)

View Item View Item