hasanati, maratul (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI MIPA. S1 thesis, pendidikan kimia.
![]() |
Text
SKRIPSI_MARATUL HASANATI_A1C117032-dikonversi(4).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan hana.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Abstrak-dikonversi.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan berpikir kreatif siswa yang masih rendah karena proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga siswa hanya menerima dan menghafal konsep tanpa memahami dan tidak mengkaitkannya dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah model problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh penggunaan aplikasi WhatsApp pada model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa materi hidrolisis garam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tipe quasi Eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes esai dan lembar observasi kemampuan berpikir kreatif. Untuk melihat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model problem based learning dengan menggunakan aplikasi WhatsApp dan problem based learning tanpa aplikasi WhatsApp dilakukan dengan uji t. Sebelum dilakukan uji t dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas untuk mengetahui bahwa data homogen dan berdistribusi normal. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan uji Liliefors diketahui bahwa data berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel, serta pengolahan data dengan uji Fisher diketahui bahwa data homogen dengan Fhitung < Ftabel. Selain itu, diperoleh hasil perhitungan uji t yaitu thitung = 4,0912 > ttabel = 1,6715 dengan taraf nyata α = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi WhatsApp pada model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa materi hidrolisis garam kelas XI MIPA.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | MARATUL HASANATI |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 03:38 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 03:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |