PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MOBILE LEARNING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI SISWA UNTUK MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Sari, Agustri Manda and Zurweni, Zurweni and Haryanto, Haryanto (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MOBILE LEARNING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI SISWA UNTUK MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI FIX-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
CamScanner 06-22-2021 14.08.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Materi kesetimbangan kimia merupakan materi tergolong abstrak dan mencakup banyak teori dan konsep-konsep cukup kompleks yang harus dipahami dengan baik oleh siswa, sehingga mengakibatkan materi kesetimbangan kimia menjadi sulit untuk dimengerti oleh sebagian besar siswa. Pembelajaran kimia tidak cukup hanya dilakukan dengan cara menghapalkan teori-teori dan konsep saja, melainkan dalam proses pembelajarannya juga menuntut kemampuan belajar mandiri siswa. Untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri siswa diperlukan inovasi pada Media Pembelajaran Interaktif Mobile Learning. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan teoritis berdasarkan penilaian dari tim ahli, yakni ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran interaktif mobile learning yang berorientasi terhadap kemampuan belajar mandiri siswa. Mengetahui kelayakan praktisi berdasarkan hasil penilaian respon guru mata pelajaran terhadap media yang dikembangkan, serta mengetahui dampak potensial dari media pembelajaran yang berorientasi terhadap kemampuan belajar mandiri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan Lee and Owens yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar wawancara, angket kebutuhan siswa. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta penilaian guru mata pelajaran kimia. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi dan media terhadap media pembelajaran interaktif mobile learning pada materi kesetimbangan kimia memberikan penilaian dengan kriteria “sangat baik” dan dinyatakan layak untuk diujicobakan. Kemudian dari hasil penilaian guru mata pelajaran kimia memperoleh kategori sangat baik. Dan berdasarkan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif mobile learning memperoleh kategori sangat baik. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif mobile learning yang berorientasi terhadap kemampuan belajar mandiri siswa untuk materi kesetimbangan kimia ini sudah layak untuk diujicobakan pada siswa kelompok besar. Chemical equilibrium material is classified as abstract material and includes many theories and quite complex concepts that must be understood well by students, resulting in chemical equilibrium material being difficult for most students to understand. Learning chemistry is not enough just to memorize theories and concepts, but in the learning process also requires students' independent learning abilities. To improve students' independent learning ability, innovation is needed in Mobile Learning Interactive Learning Media. This development research aims to determine the theoretical feasibility based on the assessment of a team of experts, namely material experts and media experts on mobile learning interactive learning media oriented to students' independent learning abilities. Knowing the feasibility of practitioners based on the results of the assessment of subject teachers' responses to the media developed, and knowing the potential impact of learning media oriented towards students' independent learning abilities. This research is a development research using Lee and Owens development procedure which consists of 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Data collection instruments used in the form of interview sheets, questionnaires of student needs. The product developed was validated by material experts and media experts as well as the assessment of chemistry subject teachers. The data analysis techniques used are qualitative data analysis (comments and suggestions) and quantitative data analysis (average answer scores and percentages). The results of this study indicate that the assessment of material and media experts on mobile learning interactive learning media on chemical equilibrium material provides an assessment with the criteria of "very good" and is declared feasible to be tested. Then from the results of the teacher's assessment of chemistry subjects obtained a very good category. And based on students' responses to the interactive learning media, mobile learning obtained a very good category. Based on the development and research results, it can be concluded that the interactive mobile learning media that is oriented towards students' independent learning abilities for chemical equilibrium material is feasible to be tested on large group students.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran interaktif, kemampuan belajar mandiri, kesetimbangan kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Agustri Manda Sari
Date Deposited: 23 Jun 2021 07:31
Last Modified: 23 Jun 2021 07:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21468

Actions (login required)

View Item View Item