A, Ardiansyah (2021) Pemanfaatan Aplikasi Online Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Dan Dampaknya Terhadap Pencapaian Kompetensi Multimedia Di SMK Negeri 1 KOta Jambi. S2 thesis, Magister Teknologi Pendidikan.
![]() |
Text
Judul cover.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
Penutup Kesimpulan.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (129kB) |
Abstract
ABSTRAK A. Ardiansyah, 2021. Pemanfaaatan Aplikasi Online Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Dan Dampaknya Terhadap Pencapaian Kompetensi Multimedia Di SMK Negeri 1 Kota Jambi, Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing I. Dr. Sofyan. M.Pd, Pembimbing II. Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M.Pd. Kata Kunci: Aplikasi Online, Pembelajaran Jarak Jauh, dan Pencapaian Kompetensi Multimedia Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan aplikasi online dalam pembelajaran jarak jauh dan dampaknya terhadap pencapaian kompetensi multimedia di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi bertujuan untuk menggambarkan makna dari penggunaan aplikasi online yang dialami oleh beberapa individu, tentang konsep atau fenomena dalam pembelajaran jarak jauh dan pencapaian kompetensi multimedia. Untuk pengumpulan data, peneliti melakukan observasi pada kelas X-1, X-2, XII-1 XII-2 dan XII-3, wawancara sebanyak 10 informan, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data terdiri dari tiga jalur kegiatan secara bersamaan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kualitatif, fenomenologi dari mengamati/observasi dapat disimpulkan pada kelas X-1 dan X-2, bahwa pada awalnya siswa masih merasa bingung dalam menggunakan aplikasi online yang disediakan pihak sekolah yang mengalami perubahan kurikulum dari SMP ke kurikulum SMK dan setelah dibimbing oleh guru siswa kelas X-1 dan X-2 mampu beradaptasi menggunakan aplikasi online dalam pembelajaran online. Sedangkan kelas XII-1, XII-2, dan XII-3 sudah membiasakan diri dalam pemanfaatan aplikasi online yang disediakan sekolah dalam pembelajaran online/daring. Selanjutnya hasil wawancara dari 10 informan dan 15 pertanyaan yang menjadi dasar sumber data secara mendalam terhadap fenomena yang terjadi berdasarkan para ahli bahwa, pembelajaran jarak jauh yakni belajar secara mandiri dengan memanfaatkan aplikasi online sebagai media dalam mengasah keterampilan dan alat komunikasi dalam pembelajaran online. Kesimpulannya, berdasarkan hasil pembahasan yang sudah dipaparkan mulai dari hasil data observasi dan wawancara berdasarkan teori dari pendapat ahli. Bahwa fenomena yang terjadi pada ketuntasan belajar, unjuk kerja, dan sikap keterampilan dalam tercapaiannya kompetensi multimedia dari platform online memberikan dampak yang baik bagi siswa di SMK Negeri 1 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | A |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 06:27 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 06:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |