ANALISIS PENGELOLAAN KOPERASI SEKOLAH OLEH PENGURUS DI SMA ALFALAH KOTA JAMBI

CAHYANI, EKA PRASETIA (2021) ANALISIS PENGELOLAAN KOPERASI SEKOLAH OLEH PENGURUS DI SMA ALFALAH KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
pdf cover.pdf

Download (43kB)
[img] Text
pdf daftar isi.pdf

Download (32kB)
[img] Text
PENGESAHAN_NEW.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (167kB)

Abstract

ABSTRAK Eka Prasetia Cahyani. 2021. Analisis Pengelolaan Koperasi Sekolah oleh Pengurus di SMA Al Falah Kota Jambi. Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt.BA.M.Si (II) Fachruddiansyah Muslim, S.Pd,. M.Pd. Kata Kunci : Pengelolaan, Koperasi Sekolah, Pengurus Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan koperasi sekolah di SMA AL-Falah Jambi oleh pengurus apakah telah berjalan dengan baik secara efisien atau justru sebaliknya. Melalui tujuan penelitian ini, maka fokus dari penelitian ini dapat terjawab. Penelitian ini dilakukan di koperasi SMA Al-Falah Kota Jambi pada tanggal 30 November sampai dengan tanggal 23 Desember 2020. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara kepada pengurus koperasi, pemeriksa, dan salah satu guru yang tergabung dalam koperasi. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pegelolaan koperasi sekolah oleh pengurus di SMA Al-Falah Kota Jambi yang didasarkan pada teori George R.Terry sudah terlaksana dengan baik dan efisien. Hal ini dilihat dari hasil wawancara peneliti kepada 3 informan yang telah diuji keabsahan datanya dengan triangulasi. Secara keseluruhan, baik perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan telah berjalan dengan baik dan lancar. Namun, siswa tidak ikut terlibat di dalam kegiatan koperasi dikarenakan tidak adanya mata pelajaran perkoperasian, sehingga siswa diwajibkan untuk fokus ke dalam dunia pendidikan saja. Atas dasar dari hasil penelitian ini, disarankan kepada pengurus koperasi untuk terus mengembagkan dan meningkatkan pengelolaan koperasi sekolah secara maksimal. Selain itu pihak sekolah hendaknya dapat melibatkan peserta didik dalam pengelolaan koperasi sekolah dan menjadikan koperasi sekolah sebagai wadah pembelajaran bernilai sosial dan ekonomi bagi para peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: EKA PRASETIA CAHYANI
Date Deposited: 23 Jun 2021 06:56
Last Modified: 23 Jun 2021 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21628

Actions (login required)

View Item View Item