Analisis Keterlaksanaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Korelasinya terhadap Keterampilan Metakognisi Siswa pada Materi Larutan Penyangga

Asriani, Yuli (2021) Analisis Keterlaksanaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Korelasinya terhadap Keterampilan Metakognisi Siswa pada Materi Larutan Penyangga. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran kimia khususnya pada materi larutan penyangga. Materi ini memiliki karakteristik yang kompleks, membutuhkan keterampilan berpikir dan penguasaan konsep yang baik. Akan tetapi, siswa masih bersifat kurang responsif terhadap suatu permasalahan dan kurang aktif dalam mengajukan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Selain itu, siswa masih menganggap bahwa materi kimia merupakan salah satu materi yang sulit untuk dipahami. Hal ini menyebabkan sebagian besar siswa kurang bersemangat untuk mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran NHT dan korelasinya terhadap keterampilan metakognisi siwa pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan campuran (mix method) jenis triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran NHT oleh guru dan siswa serta tes essay untuk keterampilan metakognisi siswa. Untuk mengetahui korelasi keterlaksanaan model pembelajaran NHT dengan keterampilan metakognisi siswa dilakukan dengan uji korelasi product moment dan koefisien determinasi. Berdasarkan Hasil penelitian keterlaksanaan model pembelajaran NHT oleh siswa selama tiga kali pertemuan diperoleh nilai sebesar 66,04% dengan kategori baik dan keterampilan metakognisi siswa diperoleh nilai sebesar 68,26% dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model NHT dengan keterampilan metakognisi siswa diperoleh rxy sebesar 0,73 dengan kriteria hubungan kuat dan hasil perhitungan koefisien diterminasi sebesar 53,88% dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran NHT terlaksana dengan baik dan terdapat korelasi terhadap keterampilan metakognisi siswa pada materi larutan penyangga di SMAN 6 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ASRIANI
Date Deposited: 24 Jun 2021 06:42
Last Modified: 24 Jun 2021 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21682

Actions (login required)

View Item View Item