Irianti, Erika (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Remediasi Miskonsepsi Pada Materi Cahaya. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
REPOSITORY COVER.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
REPOSITORY PENGESAHAN.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
REPOSITORY DAFIS.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
REPOSITORY BAB I.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
REPOSITORY BAB V.pdf Download (18kB) |
Abstract
Miskonsepsi merupakan permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran IPA. Salah satu pokok bahasan dalam pembelajaran IPA yang sering terjadi miskonsepsi di dalamnya adalah konsep tantang cahaya. Miskonsepsi dapat bersifat resisten dan menyebabkan siswa terus menerus membawa konsepsi yang salah. Miskonsepsi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga perlu dilakukan upaya untuk remediasi miskonsepsi. Berdasarkan masalah dan analisis kebutuhan maka dikembangkan video pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk remediasi miskonsepsi pada kosep cahaya. Penelitian pengembangan yang dilaksanakan bertujuan untuk menghasilkan dan melihat kelayakan produk berupa video pembelajaran berbasis CTL untuk remediasi miskonsepsi pada materi cahaya. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4D. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian meliputi tahap define (pendefenisian), design (perencanaan) dan develop (pengembangan). Hasil dari penelitian dan pengembangan adalah produk berupa video pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk remediasi miskonsepsi pada konsep cahaya. Rata-rata persentase kelayakan video berdasarkan aspek media adalah 91,66% sementara rata-rata persentase kelayakan berdasarkan aspek materi adalah 90,47%. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan penurunan persentase miskonsepsi pada tier-1, tier-1&3 dan semua tier masing-masing sebesar 19,62%, 9,38% dan 1,73%. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, produk video pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk remediasi miskonsepsi pada konsep cahaya dikategorikan sangat layak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | IRIANTI |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 06:44 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 06:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |