'Ilmi, Af-idati Nurul (2021) Pengembangan Video Pembelajaran berbasis Inkuiri untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover Skripsi.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (16kB) |
Abstract
Miskonsepsi merupakan salah satu permasalahan yang sering ditemui dalam pembelajaran fisika. Miskonsepsi diartikan sebagai pemahaman konsep yang tidak sesuai dengan konsep yang diakui oleh para ahli. Salah satu subbidang dalam pembelajaran fisika yang sering ditemukan terjadi miskonsepsi adalah suhu dan kalor. Hal ini sejalan dengan hasil identifikasi miskonsepsi yang telah dilakukan pada kegiatan observasi awal. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi salah satunya ialah media dan model pembelajaran yang kurang sesuai digunakan pada proses pembelajaran pada konsep tertentu. Miskonsepsi pada siswa berdampak kepada hasil belajar siswa sehingga diperlukan upaya untuk mereduksi miskonsepsi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mereduksi miskonsepsi ialah dengan menggunakan video pembelajaran dengan tahapan inkuiri untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada konsep suhu dan kalor. Penelitian pengembangan yang dilaksanakan bertujuan untuk menghasilkan dan melihat kelayakan produk hasil pengembangan berupa video pembelajaran berbasis inkuiri untuk mereduksi miskonsepsi pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan model 4D. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), dan develop (pengembangan). Kelayakan video pembelajaran ditinjau dari hasil validasi ahli materi dan ahli media. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah produk berupa video pembelajaran berbasis inkuiri untuk mereduksi miskonsepsi siswa SMA pada materi suhu dan kalor. Rata-rata persentase kelayakan video dilihat dari aspek materi sebesar 87,5 %. Rata-rata persentase kelayakan video dilihat dari aspek media sebesar 96,76%. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan penurunan persentase miskonsepsi sebesar 2,69% dengan keefektivitasan berdasarkan skor gain sebesar 0,03. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, produk pengembangan video pembelajaran berbasis inkuiri untuk mereduksi miskonsepsi siswa SMA pada materi suhu dan kalor dikategorikan sangat layak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Af-idati Nurul Ilmi |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 06:43 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 06:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21754 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |