Pengaruh Regulasi Diri Dalam Belajar dan Kerja Paruh Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi

Munawaroh, Siti (2021) Pengaruh Regulasi Diri Dalam Belajar dan Kerja Paruh Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
HAL. PENGESAHAN-dikonversi.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-dikonversi.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Munawaroh, Siti. 2021. Pengaruh Regulasi Diri dalam Belajar dan Kerja Paruh Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr.Drs. Suratno, M.Pd., (II) Drs. H. Arpizal, M.Pd Kata Kunci : Regulasi Diri dalam Belajar, Kerja Paruh Waktu, Prokrastinasi Akademik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku prokrastinasi akademik yang terjadi di kalangan mahasiswa yang ditandai dengan seringnya mahasiswa menunda-nunda waktu dalam mengerjakan tugas akademik. Hal ini berdampak pada hasil belajar yang kurang maksimal dan perilaku yang tidak disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh regulasi diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. 2) Pengaruh kerja paruh waktu terhadap prokrasrtinasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. 3) Pengaruh regulasi diri dalam belajar dan kerja paruh waktu terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket secara online berupa link google form kepada responden melalui media Whatsapp. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh dengan jumlah responden sebanyak 75 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh regulasi diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. 2) Terdapat pengaruh kerja paruh waktu terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. 3) Terdapat pengaruh regulasi diri dalam belajar dan kerja paruh waktu terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh regulasi diri dalam belajar dan kerja paruh waktu terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,376 atau 37,6 %. Dari hasil penelitian disarankan kepada mahasiswa agar meningkatkan regulasi diri dalam belajarnya juga meningkatkan kesadaran akan kewajiban mahasiswa dalam mengemban tugas sehingga prokrastinasi akademik dapat dikurangi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: SITI MUNAWAROH
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:39
Last Modified: 28 Jun 2021 03:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21763

Actions (login required)

View Item View Item