Murni, Febby Marcelina (2021) Pengembangan e-Modul Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Laju Reaksi Untuk Membantu Belajar Mandiri Siswa SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan, Pengesahan, pernyataan.pdf Download (524kB) |
Abstract
Murni, Febby Marcelina, 2021. Pengembangan e-modul Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Laju Reaksi Untuk Membantu Belajar Mandiri Siswa SMA. Skripsi. Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Affan Malik, M.E., (II) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes. Kata Kunci : e-Modul, POE (Predict-Observe-Explain), Belajar mandiri, Laju reaksi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa kesulitan dalam menemukan konsepnya sendiri pada materi yang dipelajari. Untuk itu dalam penelitian ini dikembangkan e-modul berbasis Predict-Observe-Explain pada materi laju reaksi. e-modul merupakan modul elektronik yang menjadi salah satu bahan ajar yang disusun secara sistematis memuat materi pembelajaran, metode, tujuan pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar atau indikator pencapaian kompetensi, petunjuk kegiatan belajar mandiri (self instructional), dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menguji diri sendiri melalui latihan yang disajikan dalam modul tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan e-modul berbasis Predict-Observe-Explain pada materi laju reaksi, mengetahui kelayakan e-modul berbasis Predict-Observe-Explain pada materi laju reaksi di SMA N 2 Kota Jambi, serta mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan kerangka Lee and Owens yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu Analyze (Analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta diimplementasikan pada uji coba di 1 kelas yaitu kelas XI IPA 2. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar wawancara dan angket. Data yang terkumpul diolah secara deskriptif menjadi data interval menggunakan skala Likert dan dianalisis berdasarkan jumlah skor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran e-modul pada materi laju reaksi memberikan penilaian dengan kriteria “sangat baik” dan dinyatakan sudah layak untuk diuji cobakan. Kemudian dari hasil penilaian guru mata pelajaran kimia terhadap e-¬modul memperoleh kategori sangat baik, serta respon siswa terhadap e-modul memperoleh kategori sangat baik dengan persentase 89,57%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-modul berbasis POE Predict-Observe-Explain untuk membantu belajar mandiri siswa SMA pada materi laju reaksi ini sudah layak untuk diujicobakan dalam siswa kelompok besar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-Modul, POE (Predict-Observe-Explain), Belajar mandiri, Laju reaksi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | FEBBY MARCELINA MURNI |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 03:03 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 03:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |