ANALISIS KEGIATAN PEMBELAJARAN DALAM BUKU TEMATIK TERPADU KELAS V KURIKULUM 2013 UNTUK MENCAPAI INDIKATOR KEBERHASILAN BELAJAR

SEPTIANA, RATIH (2021) ANALISIS KEGIATAN PEMBELAJARAN DALAM BUKU TEMATIK TERPADU KELAS V KURIKULUM 2013 UNTUK MENCAPAI INDIKATOR KEBERHASILAN BELAJAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVERR.pdf

Download (24kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (378kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK Septiana, Ratih. 2021. Analisis Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Tematik Terpadu Kelas V Kurikulum 2013 untuk Mencapai Indikator Keberhasilan Belajar. Skripasi, Program Studi Pemdidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Uninersitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M.Ed,. Ph.D. (II) Muhammad Sholeh, S.Pd,. M.Pd. Kata kunci: Kegiatan Pembelajaran, Buku Tematik Terpadu, Keberhasilan Belajar Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan keefektifan kegiatan pembelajaran buku tematik kelas V untuk mencapai indikator keberhasilan belajar seperti dalam kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi kualitiatif. Data yang diperlukan berupa teks deskrispi mengenai keefektifan kegiatan pembelajaran buku tematik kelas V untuk mencapai indikator keberhasilan belajar seperti dalam kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa analisis buku tematik kelas V tema 1 terdapat 13 kriteria keefektifan belajar untuk mencapai indikator keberhasilan belajar dalam buku tematik terpadu. Kriteria tersebut meliputi: 1) Ada kecukupan kegiatan dan tugas yang menarik bagi siswa SD untuk mencapai indikator pembelajaran, 2) Ada banyak variasi latihan untuk pencapaian satu indikator pembelajaran keterampilan bahasa, 3) Setiap kegiatan memberikan kesempatan untuk penggunaan ilmu atau tujuan pembelajaran dalam kehidupan nyata, 4) Kegiatan yang dilakukan meliputi kerja individu, berpasangan dan kelompok, 5) Kegiatan dapat dimodifikasi atau ditambah dengan mudah, 6) Tema harus realistis dan menarik bagi siswa SD, 7) Tema harus relevan dan mendorong siswa untuk mengekspresikan diri, 8) Tema harus mendorong pemikiran mandiri dan pembelajaran aktif, 9) Kegiatan hendaklah menghindari stereotipe, budaya, ras dan seksual, 10) Tema hendaklah mengungkapkan dengan jelas apa yang harus siswa pelajari, 11) Bahasa yang digunakan dalam kegiatan ini cukup otentik, 12) Bahasa yang digunakan dalam kegiatan berada pada tingkat yang tepat untuk kemampuan siswa, 13) Fungsi bahasa yang dipelajari memberikan contoh bahasa yang diminati siswa dan kemungkinan besar akan digunakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: RATIH SEPTIANA
Date Deposited: 25 Jun 2021 07:24
Last Modified: 01 Jul 2021 07:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21859

Actions (login required)

View Item View Item