PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA KABUPATEN TEBO

hidayatullah, agung (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA KABUPATEN TEBO. S2 thesis, universitas jambi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (104kB)
[img] Text
3 Halaman Pengesahan.pdf

Download (287kB)
[img] Text
6 ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK Hidayatullah, Agung, 2021. Pengaruh Motivasi Belajar dan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kabupaten Tebo Pembimbing : (1) Dr. K.A Rahman,M.Pd.I (2) Dr. Masbirorotni,M.Sc.Ed Kata Kunci : Hasil Belajar,Manajemen Kelas,Motivasi Belajar. Hasil belajar siswa di tentukan oleh banyak faktor diantara faktor-faktor tersebut peneliti memilih 2 faktor yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu berupa faktor motivasi belajar dan faktor manajemen kelas. Dua faktor yang dipilih merupakan faktor yang dirasa memiliki peranan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan menajemen kelas terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta di kabupaten tebo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan lebih spesifik pada korelasi, Didalam penelitian kuantitatif korelasi ini peneliti menggunakan metode teknik korelasi yaitu product of the moment correlation. Dengan intrumen pengumpulan datanya berupa kuesioner atau angket. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 117 orang sedangkan sampelnya berjumlah 43 orang. Dalam penelitian ini menggunakan uji regresi berganda dengan uji hipotesis pada tingkat signifikasinya 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan berdasarkan hasil uji Annova atau uji F didapakan nilai signifikasi 0.000. Karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0.05 (0.000<0.05), maka dapat dikatakan bahwa variabel independen (manajemen kelas dan motivasi belajar) secara simultan atau bersama sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (hasil belajar). (2) berdasarkan hasil uji R didapatkan sebesar 0.971. Hal ini menunjukan bahwa korelasi atau hubungan antara variabel dependen (Hasil Belajar) dengan nilai variabel independennya (Motivasi Belajar dan Manajemen Kelas) termasuk dalam kategori sangat kuat, dalam hal ini berarti 94,3% variasi dari hasil belajar mampu dijelaskan oleh variabel dependen (manajemen kelas dan motivasi belajar) yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya yaitu 4,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari penelitian ini. Berdasarkan hasil temuan maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan manajemen kelas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: AGUNG HIDAYATULLAH
Date Deposited: 25 Jun 2021 08:30
Last Modified: 25 Jun 2021 08:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21897

Actions (login required)

View Item View Item