Natalia, Hotma (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN PADA PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDN 111/I MUARA BULIAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (85kB) |
Abstract
ABSTRAK Natalia. Hotma 2021. Peran Kepala Sekolah Pada Proses Pembelajaran Jarak Jauh Di SDN 111/I Muara Bulian: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Muhammad Sofwan, S.Pd.,M.Pd., (II) Alirmansyah, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Peran Kepala Sekolah, Pembelajaran Jarak Jauh. Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat melaukan observasi awal terlihat bahwa kepala sekolah telah melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin dengan baik, kemampuan berkomunikasi yang dimiliki kepala sekolah juga sangat baik beliau tidak hanya berkomunikasi dengan guru-guru saja melainkan dengan warga yang ada di sekolah tersebut, kepala sekolah mampu memberikan arahan yang baik dengan menggunakan bahasa yang baik sepeti tidak memerintah, menyinggung ataupun menggunakan kata-kata yang kasar. Kepala sekolah selalu menerima setiap masukan, saran dan kritik dari warga sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah pada proses pembelajaran jarak jauh di SDN 111/I Muara Bulian. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SDN 111/I Muara Bulian pada Januari – Februari 2021. Data pada penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai peran kepala sekolah pada proses pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar. Adapun subjek penelitian ini adalah kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang digunakan dan dilaksanakan oleh kepala sekolah sebagai pemimpin ialah memiliki kepribadian yang kuat hal ini telihat dari sikap yang ditunjukkan oleh kepala sekolah seperti bertanggung jawab, disiplin, berani mengambil resiko dan tegas. Selain itu juga kepala sekolah memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, memiliki visi dan memahami misi, memahami kondisi warga sekolahnya serta kemampuan mengambil keputusan. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang digunakan oleh kepala sekolah sebagai pemimpin telah dilaksanakan dengan baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Hotma Natalia |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 01:35 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 01:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |