PENGARUH TEKNIK MODELING SIMBOLIK DALAM MENGURANGI KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS XI IIS DI SMAN 5 MERANGIN

Lufita, Silvi (2021) PENGARUH TEKNIK MODELING SIMBOLIK DALAM MENGURANGI KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS XI IIS DI SMAN 5 MERANGIN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (12MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (196kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skirpsi : Pengaruh Teknik Modeling Simbolik dalam Mengurangi Kenakalan Remaja pada Siswa Kelas XI IIS di SMAN 5 Merangin. Nama : Silvi Lufita Nim : A1E116087 Pembimbing 1 : Drs. Asradi, M.M Pembimbing II : Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi.,M.Pd Penelitian ini berjudul Pengaruh Teknik Modeling Simbolik dalam Mengurangi Kenakalan Remaja pada Siswa kelas XI IIS di SMAN 5 Merangin, dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh teknik modeling simbolik dalam mengurangi kenakalan remaja sebelum diberikan perlakuan (treatment) dan setelah diberikan perlakuan (treatment) pada saat post-test. Kenakalan remaja dalam penelitian ini dibatasi pada kenakalan remaja sering melakukan tindak perilaku alfa dan teknik yang digunakan yaitu teknik modeling simbolik. Hal ini sejalan dengan teori belajar sosial Albert Bandura yang mengatakan bahwa sebagian besar tingkah laku manusia dipelajari memalui peniruan maupun penyajian, contoh tingkah laku (Modeling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain Quasi Eksperimen yang dipilih adalah Nonequivalent Control Group Design, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS dengan jumlah 10 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan 10 orang siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan pemahaman kenakalan remaja dengan nilai rata-rata sebesar 91.50 untuk kelas eksperiment dan 90.80 untuk kelas kontrol. Hal ini bersamaan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan diatas didapatkan thitung= 291 sedangkan ttabel= 2.101 . Sehingga bila dimasukkan rumus hipotesis thitung <ttabel, sehingga Ho diterima dan H1 ditolak, berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara masing-masing variabel independen dan variabel dependen. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil treatment antara siswa eksperimen dengan siswa kontrol dengan menggunakan teknik modeling simbolik dilihat berdasarkan hasil nilai rata-rata. Dari hasil penelitian merekomendasikan teknik modeling simbolik digunakan karna dapat meningkatkan pemahaman siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif teknik yang digunakan dalam mengurangi kenakalan remaja. Kata Kunci : Modeling Simbolik, Kenakalan Remaja

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing 1 : Drs. Asradi, M.M Pembimbing II : Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Modeling Simbolik, Kenakalan Remaja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SILVI LUFITA
Date Deposited: 21 Jul 2021 06:53
Last Modified: 21 Jul 2021 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21984

Actions (login required)

View Item View Item