STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI MASA PANDEMI KELAS V SEKOLAH DASAR

Simatupang, Purnama (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI MASA PANDEMI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (192kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
PERNYATAAN1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (386kB)

Abstract

Simatupang, Purnama Sariani. 2021. Strategi Guru Dalam Mengoptimalkan Minat Belajar Matematika di Masa Pandemi Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: strategi guru, minat belajar, matematika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang guru gunakan dalam mengoptimalkan minat belajar matematika di masa pandemi kelas V Sekolah Dasar di SDN NO.64/I Muara Bulian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini ialah guru kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru ada 3 tahapan antara lain Perencanaan, Pelaksanan, dan Evaluasi. Pada tahap perencanaan pembelajaran guru membuat perencanaan proses pembelajaran yang meliputi: a) Merancang RPP (Rencana Pelaksanan Pembelajaran) dengan menggunakan pendekatan saintifik b) Guru membuat mekanisme untuk berkomunikasi dengan siswa c) Guru membuat media interaktif d) Guru mengumpulkan dan menyusun materi pembelajaran berupa video, gambar, teks, animasi dan audio yang menarik sesuai dengan perkembangan siswa e) Pada pembelajaran menggunakan strategi belajar individual/mandiri dan strategi penyampaian-penemuan (Eksposition-Discovery Learning). Kemudian pada tahap pelaksanaan, antara lain: a) Guru mengabsensi siswa b) Guru membagikan materi pembelajaran melalui video yang menarik c) Guru memberikan semangat dengan memotivasi siswa melalui video yang diberikan d) Guru memberikan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berupa foto catatan guru yang dibagikan didalam WhatsApp Group. Selanjutnya pada tahap evaluasi yaitu: a) Guru mengevaluasi tugas-tugas siswa yang telah dikerjakan b) Guru mengevaluasi materi pembelajaran berupa video-video yang telah diberikan c) Guru mengevaluasi ketertarikan minat belajar yang dilihat dari keterlibatan dan penerimaan siswa dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: PURNAMA SARIANI SIMATUPANG
Date Deposited: 01 Jul 2021 06:56
Last Modified: 01 Jul 2021 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22018

Actions (login required)

View Item View Item