PENGARUH PRASANGKA SISWA TENTANG GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI

FITRIANI, MAYA (2021) PENGARUH PRASANGKA SISWA TENTANG GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP (FIX WISUDA)-dikonversi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER-2-dikonversi.pdf

Download (22kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text
ABSTRAK-1-dikonversi.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I-2-dikonversi.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB V-1-dikonversi.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (38kB)

Abstract

Prasangka negatif adalah penerimaan atau penilaian seseorang atas suatu hal (benda, seseorang atau sekelompok orang) dari sisi negatif atau kelemahannya tanpa melihat sisi positifnya. Prasangka akan memperlihatkan sikap ragu, was-was, sangsi, curiga, menolak atau menuduh jelek sesuatu yang berasal dari orang lain. Dalam diri seorang siswa jika memiliki prasangka baik tentang guru maka pelajarannya akan diperhatikan serta diminati oleh siswa, namun jika prasangka negatif yang tertanam pada siswa maka siswa akan enggan dan tidak suka dengan pelajaran yang diikuti. Minat belajar siswa akan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dalam diri siswa jika siswa menamamkan prasangka yang positif dalam dirinya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Expost Facto atau pengaruh alami. Pada penelitian ini sampel diambil menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampel. Sehingga ditetapkan sampel yaitu berjumlah 107 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan instrument berbentuk angket. Untuk mengetahui ketepatan dan kesahihan instrumen dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Deskripsi data dilakukan dengan menggunakan KIN (Kontinum Interval Normatif). Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan uji normalitas, uji linearitas dan analisis regresi sederhana dengan menggunakan SPSS statistic 20. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ada pengaruh negatif dan signifikan antara Prasangka Siswa Tentang Guru terhadap Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Dilihat dari hasil tabel anova sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan nilai determinasi yang diperoleh menunjukkan 0,129 atau 12,9% pada kriteria Rendah Tapi Pasti. Dengan demikian semakin rendah prasangka siswa tentang guru akan semakin bertambah pula minat belajar siswa. Kata Kunci : Prasangka Siswa Tentang Guru, Minat Belajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: MAYA FITRIANI
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:11
Last Modified: 06 Jul 2021 04:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22135

Actions (login required)

View Item View Item