Halil, Rizki (2021) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover-dikonversi.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I-dikonversi.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB V-dikonversi.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
DFTAR RUJUKAN-dikonversi.pdf Download (42kB) |
Abstract
ABSTRAK Halil, Rizki. 2021. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga dan Faktor Eksternal Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA., M.Si. (II) Ahmad Nasori, S,Pd., M.Pd Kata Kunci: kondisi sosial ekonomi keluarga, faktor eksternal, minat belajar Penelitian ini berdasarkan observasi awal mengenai masalah minat belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Jambi yang tergolong masih rendah disebabkan oleh kondisi ekonomi keluarga yang masih rendah sehingga belum terpenuhi fasilitas belajar siswa dan faktor eksternal yang kurang mendukung siswa untuk meningkatkan minat dalam belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara: (1) Kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap minat belajar, (2) Faktor eksternal terhadap minat belajar, dan (3) Kondisi sosial ekonomi keluarga dan faktor eksternal terhadap minat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang bersifat asosiatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 137 siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 59 siswa. Pengujian analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolioneritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap minat belajar siswa dilihat dari pada nilai thitung 2,353 > ttabel 1,67203. (2) Terdapat pengaruh faktor eksternal terhadap minat belajar siswa dilihat dari pada nilai thitung 6,608 > ttabel 1,67203. (3) Terdapat pengaruh secara simultan kondisi sosial ekonomi keluarga dan faktor eksternal terhadap minat belajar siswa berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung 23,282 > 3,16 Ftabel dan nilai koefesien determinasi (R2) sebesar 0,454 yang berarti dapat disimpulkan bahwa sebesar 45,4% minat belajar mahasiswa ditentukan oleh kondisi sosial ekonomi keluarga dan faktor eksternal sedangkan sisanya 54,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah ditemukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kondisi sosial ekonomi keluarga dan faktor eksternal terhadap minat belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 2 kota jambi. Diharapkan untuk lembaga sekolah SMA Negeri 2 Kota Jambi untuk bisa mengerti kemampuan siswa-siswanya dalam belajar. Guru diharapkan bisa memberikan interaksi hangat terhadap siswa sehingga dalam proses kegiatan belajar dan berjalan dengan efektif agar siswa tersebut untuk selalu berusaha dalam menumbuhkan minat belajar nya dan dapat mencapai hasil yang baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Prof. Dr. Drs. H.Khairinal, Dpt,BA. M.si Ahmad Nasori S.Pd M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | kondisi sosial ekonomi keluarga, faktor eksternal, minat belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | RIZKI HALIL |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 03:26 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 03:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |