Pengembangan Buku Elektronik Fisika Dasar 1 Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Fluida Statis dan Dinamis

FADHILLAH, NANDA (2021) Pengembangan Buku Elektronik Fisika Dasar 1 Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Fluida Statis dan Dinamis. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER sd DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
REVISI SKRIPSI NANDA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendekatan saintifik adalah hal yang sangat penting dalam pembelajaran IPA khususnya fisika karena proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat mengarahkan mahasiswa agar mampu merumuskan masalah. Hasil analisis kebutuhan mahasiswa menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan pada mata kuliah fisika dasar belum memenuhi kebutuhan mahasiswa. Sehingga penulis mengembangkan sebuah bahan ajar berupa buku elektronik fisika dasar berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida statis dan dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan respon mahasiswa terhadap buku elektronik fisika dasar materi fluida statis dan dinamis berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan tahapan define, design, develop, dan pada tahap disseminate tidak dilakukan. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika universitas jambi angkatan 2019 Reguler B. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi tim ahli dan respon mahasiswa. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah buku elektronik fisika dasar berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida statis dan dinamis dengan menggunakan aplikasi Flip PDF Professional yang telah divalidasi dan dinyatakan layak diuji cobakan. Hasil dari analisis respon mahasiswa untuk aspek tampilan bahan ajar yaitu 5,83 (sangat baik), untuk aspek penyajian materi dalam bahan ajar yaitu 5,14 (sangat baik), dan untuk aspek kebermanfaat buku yaitu 4,65 (sangat baik). Nilai rata-rata keseluruhan yang diberikan berdasarkan respon mahasiswa sebesar 52 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa buku elektronik fisika dasar berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida statis dan dinamis layak untuk digunakan sebagai bahan ajar Pendekatan saintifik adalah hal yang sangat penting dalam pembelajaran IPA khususnya fisika karena proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat mengarahkan mahasiswa agar mampu merumuskan masalah. Hasil analisis kebutuhan mahasiswa menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan pada mata kuliah fisika dasar belum memenuhi kebutuhan mahasiswa. Sehingga penulis mengembangkan sebuah bahan ajar berupa buku elektronik fisika dasar berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida statis dan dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan respon mahasiswa terhadap buku elektronik fisika dasar materi fluida statis dan dinamis berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan tahapan define, design, develop, dan pada tahap disseminate tidak dilakukan. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika universitas jambi angkatan 2019 Reguler B. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi tim ahli dan respon mahasiswa. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah buku elektronik fisika dasar berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida statis dan dinamis dengan menggunakan aplikasi Flip PDF Professional yang telah divalidasi dan dinyatakan layak diuji cobakan. Hasil dari analisis respon mahasiswa untuk aspek tampilan bahan ajar yaitu 5,83 (sangat baik), untuk aspek penyajian materi dalam bahan ajar yaitu 5,14 (sangat baik), dan untuk aspek kebermanfaat buku yaitu 4,65 (sangat baik). Nilai rata-rata keseluruhan yang diberikan berdasarkan respon mahasiswa sebesar 52 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa buku elektronik fisika dasar berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida statis dan dinamis layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: NANDA FADHILLAH
Date Deposited: 02 Jul 2021 06:48
Last Modified: 02 Jul 2021 06:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22213

Actions (login required)

View Item View Item