Permatasari,, Azzahrah Winar and Kuntarto, Eko and Destrinelli, Destrinelli (2021) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (203kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja strategi atau cara yang guru lakukan dalam menumbuhkan minat baca siswa pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 47/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan observasi dan wawancara dengan guru. Setelah itu data di analisis secara kualitatif berupa deskripsi tentang strategi guru dalam menumbuhkan minat baca pada masa pandemi COVID-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam menumbuhkan minat baca siswa pada masa pandemi COVID-19 yaitu dengan membuat perencanaan dan kemudian dilaksanakan. Dalam perencanaannya, guru menyiapkan RPP daring, media pembelajaran berupa video pembelajaran dan blog. Dalam pelaksanaannya guru memiliki beberapa cara dalam menumbuhkan minat baca siswa pada mas apandemi COVID-19 yaitu memberi tugas membaca, dan merangkum, memberikan instruksi dengan jelas, memberikan bahan bacaan, memberikan motivasi, dan bekerjasama dengan orang tua. Adapun kendala guru dalam menumbuhkan minat baca siswa pada masa pandemi COVID-19, yaitu terkendala pada jaringan yang tidak stabil, guru tidak bisa leluasa mentransfer ilmu secara maksimal, minimnya waktu pada saat daring, kurangnya dorongan dari keluarga, terbatasnya buku bacaan di rumah, dan tidak semua siswa memiliki gadget sendiri, sehingga guru kesulitan untuk memantau perkembangan siswa yang orang tuanya bekerja. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru, dalam pelaksanaan pembelajaran, guru agar selalu menggunakan strategi yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran. Guru juga hendaknya menggunakan waktu dengan sebaik mungkin dengan mempersingkat materi menjadi lebih mudah dipahami siswa dengan penyampaian yang menarik. Orang tua, hendaknya memfasilitasi dan mendorong siswa dengan membelikan buku bacaan yang menarik bagi anaknya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Azzahrah Winar Permatasari |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 02:18 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 02:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22254 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |