PERSEPSI ORANG TUA SISWA TERHADAP VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI WHATSAPP

Rohayu, Sri (2021) PERSEPSI ORANG TUA SISWA TERHADAP VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI WHATSAPP. S2 thesis, Magister Pendidikan Dasar.

[img] Text
cover.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB)

Abstract

ABSTRAK Sri Rohayu. 2021. Persepsi Orang Tua Siswa Terhadap Video Pembelajaran Melalui Whatssapp Thesis Program Studi Magister Pendidikan Dasar Universitas Jambi. Sejak pandemi Covid-19 melanda secara otomatis tatanan kehidupan dari berbagai aspek terkena dampaknya termasuk di bidang pendidikan seperti siswa diharuskan belajar dari rumah dengan sistem pembelajaran secara online yang memanfaatkan kecanggihan teknologi salah satunya dengan menggunakan media video pembelajaran dikirim melalui whatssapp. Model pembelajaran dengan menggunakan video memberikan banyak kelebihan dan kekurangan, sehingga menimbulkan berbagai persepsi dari orang tua siswa ada yang menyatakan kelebihan maupun kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Persepsi Orang Tua Siswa TerhadapVideo Pembelajaran melalui Whatsapp, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus (Case Studies). Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IA SDN 02 Kota Jambi yang jumlah siswanya 23 orang, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumen. Kemudian analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Adapun data yang diperoleh bersumber dari Orang Tua Siswa Kelas 1A SDN 02 Kota Jambi. Hasil penelitian tentang Persepsi Orang Tua Siswa Terhadap Penggunaan Video Pembelajaran melalui Whatsappantara lain: persepsi orang tua sebagian besar menyatakan pembelajaran dengan menggunakan video tidak efektif dan tidak efisien karena membuat orang tua kerepotan dan menyita waktu serta tidak meningkatkan minat untuk di terapkan kepada siswa kelas 1 SD pada saat sistem pembelajaran dari rumah. Persepsi Positifnya terhadap pembelajaran dengan menggunakan video dikirim melalui whatsapp ini orangtua dapat lebih mengenal sikap dan karakter anaknya dalam melaksanakan pembelajaran. Kata Kunci : Persepsi, Video pembelajaran, dan Whatsapp

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: SRI ROHAYU
Date Deposited: 05 Jul 2021 04:02
Last Modified: 05 Jul 2021 04:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22295

Actions (login required)

View Item View Item