PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP GEJALA STRES AKADEMIK PEMBELAJARAN DARING DI SMA N 4 KOTA JAMBI

Yuspita, Yuspita (2021) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP GEJALA STRES AKADEMIK PEMBELAJARAN DARING DI SMA N 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] Text
COVER-dikonversi.pdf

Download (53kB)
[img] Text
ABSTRAK-dikonversi (1).pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi (1).pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi (1).pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi (1).pdf

Download (110kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Pengaruh Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Gejala Stres Akademik Pembelajaran Daring Di SMA N 4 Kota Jambi Nama : Yuspita Nim : A1E117018 Pembimbing 1 : Drs. Rasimin, M.Pd Pembimbing 2 : Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi.,M.Pd Stres akademik merupakan stres akademik pembelajaran daring merupakan ketegangan emosi yang dirasakan oleh individu akibat adanya tuntutan yang terlalu banyak, ketidak seimbangan antara kemampuan dan beban yang diterima dalam proses pembelajaran yang menggunakan akses jaringan internet sebagai media untuk berinteraksi dan menyampaikan materi oleh guru kepada siswa yang dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan fisik maupun kesehatan mental siswa. Untuk itu perlu dukungan sosial orangtua guna menurunkan tingkat stres akademik yang dialami siswa Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkap adanya pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap stres akademik pembelajaran daring siswa SMA N 4 Kota Jambi. Pada penelitian ini membahas tentang dukungan sosial orangtua yang terdiri dari a) dukungan emosional, b) dukungan instrumental c) dukungan informasi, dan d) dukungan persahabatan serta stres akademik pembelajaran daring yang dilihat dari a) gejala fisik, b) gejala emosional c) gejala berfikir dan d) gejala behavioral. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan expo facto. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas XI SMA N 4 Kota Jambi, ynag terdiri dari kelas XI IPA 1-7 dan XI IPS 1-5 Yang dipilih menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 108 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan opsi jawaban menggunakan skala likert dengan lima alternatif jawaban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh dukungan sosial orangtua terhadap gejala stres akademik pembelajaran daring siswa SMA N 4 Kota Jambi sebesar 13,4 % dengan kategori rendah tapi pasti. Dengan nilai koefisiensi regresi Ŷ = 99,107 - 0.276 X. setiap penambahan 1% nilai dukungan sosial orangtua (X) maka stres akademik pembelajaran daring (Y) akan menurun sebesar 0,276. Dan jika terdapat pengurangan 1% nilai dukungan sosial orangtua (X) maka stres akademik pembelajaran daring (Y) akan meningkat sebanyak 0,276. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial orangtua (X) dan stres akademik pembelajaran daring (Y). Kata Kunci : Dukungan Sosial Orang Tua, Gejala Stres Akademik

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Yuspita
Date Deposited: 13 Jul 2021 02:53
Last Modified: 13 Jul 2021 02:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22452

Actions (login required)

View Item View Item