Gusniardi, Vira Anggita (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Gusniardi, Vira Anggita, 2021, Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Hidrokarbon Untuk SMA. Skripsi, Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan ,Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes., (II) Afrida, S.Si., M.Si. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Articulate Storyline, Hidrokarbon. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 10 Kota Jambi dalam memahami konsep materi hidrokarbon yang disebabkan oleh karakteristik materi yang cukup luas, bersifat abstrak dan memiliki jalinan antar konsep, sehingga perlu kesinambungan dalam mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa multimedia interakitf menggunakan Articulate Storyline pada materi hidrokarbon sub alkana yang dikembangkan layak secara teoritis maupun praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Produk hasil penelitian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta penilain guru yang selanjutnya diujicobakan kekelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rerata skor jawaban). Hasil penelitian diperoleh dari ahli materi dan ahli media, masing-masing diperoleh rerata skor penialian sebesar 3,83 dengan kategori “Layak” dan 4,57 dengan kategori “Sangat Layak” dan dinyatakan layak diujicobakan. Berdasarkan penilaian guru diperoleh rerata 4,36 dengan kategori “Sangat Layak”. Serta untuk respon siswa diperoleh dengan presentase 91,3% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan validasi ahli, penilaian guru, dan uji coba kelompok kecil, disimpulkan bahwa multimedia interaktif dengan Articulate Storyline materi hidrokarbon sudah layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | GUSNIARDI |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 03:58 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 03:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22499 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |