Widayanti, Ika (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING DI KELAS VI SD NEGERI 116/ IV KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover aja.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan Ika Widayanti.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan Ika Widayanti.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB V Ika Widayanti.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA IKA WIDAYANTI.pdf Download (309kB) |
Abstract
ABSTRAK Widayanti, Ika. 2021. “Analisis Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Di Kelas VI SD Negeri 116/ IV Kota Jambi”. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Hj. Muazza, M.Si., Pembimbing (II) Dr. Atri Widowati, S.Pd., M.Or Kata kunci: Pembelajaran matematika, pembelajaran daring Penelitian ini membahas tentang Pembelajaran Matematika Berbasis Daring di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 116/ IV Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran matematika berbasis daring di kelas VI SD Negeri 116/IV Kota Jambi, (2) mendapatkan informasi mengenai kendala yang dialami guru selama pembelajaran matematika daring, (3) mengetahui strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kendala selama pembelajaran matematika daring di Kelas VI SD Negeri 116/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian guru kelas VI serta Kepala SD Negeri 116/IV Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model yang dikembangkan Miles dan Hubberman yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berbasis daring di kelas VI SD Negeri 116/IV Kota Jambi dalam perencanaan pembelajaran matematika, guru membuat RPP matematika daring yang diunduh dari internet dan direvisi disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kelas. Dalam pelaksanaannya guru melaksanakan tiga tahap pembelajaran yaitu, kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pelaksanaannya menggunakan aplikasi zoom meeting, google classroom, google formulir dan whatsapp grup. Dan dalam penilaian pembelajaran matematika, guru menggunakan tiga penilaian yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Namun dalam pelaksanaannya ditemukan kendala, diantaranya jaringan internet (tidak stabil dan kuota terbatas), kurangnya pengawasan orang tua terhadap siswa saat pembelajaran matematika daring, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran sehingga nilai tugasnya rendah, dan terbatasnya fasilitas yang dimiliki oleh siswa. Strategi yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala pembelajaran matematika daring yaitu guru memberikan toleransi dengan memberikan tambahan waktu dalam pengumpulan tugas untuk siswa yang terkendala dengan fasilitas, bekerja sama dengan orang tua dalam hal pengawasan siswa saat belajar, serta guru maksimal dalam memberikan pelayanan pendidikan diantaranya dengan melakukan kegiatan remedial (perbaikan tugas) yang terbimbing, serta memberikan penugasan secara luring dan dapat diambil ke sekolah setiap seminggu sekali untuk siswa yang terkendala jaringan internet.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | IKA WIDAYANTI |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 05:08 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 05:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22501 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |