Putri, Sanaq Elfira (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA SUB MATERI SIFAT DAYA HANTAR LISTRIK LARUTAN UNTUK SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Sanaq E.P.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
Abstract
Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Articulate Storyline, Sifat Daya Hantar Listrik Larutan. Tahun 2020 ini pembelajaran berlangsung secara online. Kimia adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMA. Salah satu materi kimia di SMA yaitu materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Sifat daya hantar listrik larutan adalah salah satu sub materi pada larutan elektrolit dan nonelektrolit yang mana pada sub materi tersebut bersifat abstrak dan membutuhkan pemahaman konsep yang kuat. Hal ini menyebabkan respon siswa menurun dikarenakan ketidaksiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu cara meningkatkan respon siswa yaitu dengan multimedia interaktif. Salah satu aplikasi pembuat multimedia interaktif yaitu Articulate Storyline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengembangkan multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline pada sub materi sifat daya hantar listrik larutan untuk SMA, mengetahui kelayakan multimedia interaktif menggunakan aplikasi Articulate Storyline pada sub materi sifat daya hantar listrik larutan untuk SMA serta mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline pada sub sifat daya hantar listrik larutan untuk SMA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan Hannafin and Peck. Yang mana model pengembangan ini terdapat tiga tahapan utama, yaitu : (a) analisis kebutuhan, (b) desain, (c) pengembangan dan implementasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase) Hasil penelitian diperoleh dari ahli materi dan ahli media, masing-masing diperoleh rerata skor penialian sebesar 4,42 dengan kategori Sangat Layak; 4,57 dengan kategori Sangat Layak dan dinyatakan layak diujicobakan. Berdasarkan penilaian guru diperoleh rerata 4,41 dengan kategori Sangat Layak. Serta untuk respon siswa diperoleh dengan presentase 90,5%% dengan kategori Sangat Layak. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline pada sub materi sifat daya hantar listrik larutan termasuk kategori sangat layak secara konseptual dan prosedural.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Sanaq elfira putri |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 03:58 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 03:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |