ANALISIS KESULITAN BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS V SD NEGERI 156/1 BULIAN BARU

Juhana, Dede (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS V SD NEGERI 156/1 BULIAN BARU. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
PDF Scanner 07-07-21 11.56.11 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
B A B V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
B A B V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Juhana,dede,2021:Analisis Kesulitan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Kelas V SD Negeri 156/1 Bulian Baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring), faktor-faktor pendukung serta faktor-faktor penghambat guru dalam melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SDN 156/1 Bulian Baru,yang terhitung pada bulan Februari sampai April. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa sekolah dasar di SDN 15/1 Bulian Baru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara,dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah pandemi covid-19 membawa dampak yang sangat besar terhadap proses pembelajaran, pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara langsung kini dialihkan menjadi pembelajaran daring. Peserta didik merasa jenuh dan bosan selama melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran daring yang dilakukan untuk anak usia sekolah dasar dirasa kurang efektif. Ada beberapa faktor pendukung guru dalam proses pembelajaran daring yaitu ketersediannya handphone, kuota dan jaringan internet yang stabil. Selain adanya faktor yang mendukung dalam pembelajaran daring terdapat juga beberapa faktor penghambat guru dalam pembelajaran daring. Faktor penghambat tersebut diantaranya adalah belum semua peserta didik memiliki handphone dan masih banyak orang tua sibuk bekerja dan jangkauan sinyal. Pembeajaran daring dilakukan dengan berbagai cara diantaranya zoom meeting, video call, whatshapp grup, dan home visit. Kata Kunci: Pembelajaran daring,faktor, home visit

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: DEDE JUHANA
Date Deposited: 07 Jul 2021 05:18
Last Modified: 07 Jul 2021 05:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22506

Actions (login required)

View Item View Item