Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Model Question Student Have terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SDN 47/IV Kota Jambi

Latifah, Niniek (2021) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Model Question Student Have terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SDN 47/IV Kota Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.docx

Download (52kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN.docx

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
Official URL: https://jurnallipnas.com/volume3/pengaruh-pendekat...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa yang di ajarkan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Model Question Student Have ditinjau berdasarkan Pemahaman Awal Matematika Siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu SD Negeri di Kota Jambi pada tahun pelajaran 2020/2021. Medtode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dalam bentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian sebanyak 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan model Question Student Have terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V SD Negeri 47/IV Kota Jambi yang diuji dari hasil uji anova dua arah diketahui nilai sig = 0,003 < 0,05, 2) terdapat pengaruh Pemahaman Awal Matematika Siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V SD Negeri 47/IV Kota Jambi yang diuji dari hasil uji anova dua arah diketahui nilai sig = 0,031 < 0,05, dan 3 ) terdapat interaksi antara pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Question Student Have terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V SD Negeri 47/IV Kota Jambi berdasarkan Pengetahuan Awal Matematika siswa yamg diuji dari hasil uji anova dua arah diketahui nilai sig = 0,011 < 0,05. Kata kunci: PMRI, QSH, Kemampuan berpikir kritis, Pengetahuan Awal matematika

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Niniek Latifah
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:04
Last Modified: 27 Jul 2021 04:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22536

Actions (login required)

View Item View Item