Memotivasi Tenaga Pendidik dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja (Studi pada Perguruan Diniyyah Al Azhar Kota Jambi)

Harahap, Reni Puspitasari (2021) Memotivasi Tenaga Pendidik dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja (Studi pada Perguruan Diniyyah Al Azhar Kota Jambi). S2 thesis, Manajemen.

[img] Text
COVER TESIS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
TANDA PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (781kB)
[img] Text
ABSTRAK1.pdf

Download (488kB)
[img] Text
Bab V - Bab VI.pdf

Download (889kB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi kerja adalah seperangkat hasil dari dorongan internal dan external yang menyebabkan pegawai memilih jalan pada tindakan dan mengikutsertakan dalam perilaku. Idealnya perilaku ini akan diwujudkan dalam bentuk prestasi untuk mencapai tujuan organisasi. Dengan komitmen yang tinggi terhadap organisasi maka secara tidak langsung akan berdampak pada kinerja tenaga pendidik atau tenaga pendidik itu sendiri akan semakin tinggi pula. Motivasi akan timbul dalam diri tenaga pendidik apabila ada perhatian, kesesuaian, kepercayaan dan kepuasan yang diberikan sekolah, sehingga akan dapat meningkatkan kinerja yang baik. Sebaliknya jika perhatian, kesesuaian, kepercayaan dan kepuasan yang diberikan sekolah kurang maka tenaga pendidik akan sulit untuk termotivasi dalam bekerja sehingga kurang maksimal dalam menjalankan tugas pokok profesinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran bagaimana motivasi tenaga pendidik di Perguruan Diniyyah Al Azhar Jambi yang ditelaah dari teori Maslow, teori goal setting dan teori Job design dan pengaruh implementasi dari ketiga teori motivasi tersebut terhadap kinerja. Alat analisa yang digunakan adalah analisa deskriptif statistik. Koefisien determinasi dan uji T dan Uji F. Hasil penelitian melalui analisa deskriptif diperoleh nilai rata-rata jawaban responden untuk semua variabel teori motivasi berada antara rentang 3,41-4,21 atau pada kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bila dilihat dari telaah teori maslow, teori goal setting dan teori job design hasilnya positif dengan artian tenaga pendidik sangat termotivasi oleh pimpinan. Sedangkan dari hasil nilai koefisien determinasi diperoleh nilai R Square 0,497 (49,7%) atau sebesar 49,7% mempengaruhi kinerja. Dari uji T diperoleh nilai thitung > ttabel (1,667) terdapat pengaruh positif secara parsial dan dari uji F diperoleh nilai Fhitung (33,107) > Ftabel (3,13), dengan kata lain terdapat pengaruh positif secara bersamaan. Kata kunci : Motivasi, Teori Maslow, Teori Goal Setting, Teori Job Design, Kinerja

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen
Depositing User: RENI PUSPITASARI HARAHAP
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:05
Last Modified: 14 Jul 2021 04:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22596

Actions (login required)

View Item View Item