Analisis keterlaksanaan model numbered heads together berbantuan zoom dan whatsapp serta korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa

Lestari, Putri Ayu Indah (2021) Analisis keterlaksanaan model numbered heads together berbantuan zoom dan whatsapp serta korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI AYU INDAH LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Lembar persetujuan indah.pdf

Download (691kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK Lestari, Putri Ayu Indah. 2021. Analisis Keterlaksanaan Model Numbered Heads Together Berbantuan Zoom dan Whatsapp serta Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Redoks. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing Skripsi I: Dr. Drs. Harizon, M.Si, Pembimbing Skripsi II: Drs. Epinur, M.Si. Kata Kunci : Numbered Heads Together, Zoom, Whatsapp, Berpikir Kreatif, Redoks. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran online saat ini yang memberikan dampak signifikan terhadap proses pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Siswa biasanya terfokus pada informasi yang mereka dapat melalui aplikasi google dari pada harus menalar sendiri secara kreatif. Umumnya kemampuan berpikir kreatif diperoleh dengan hanya melatih otak untuk menggali informasi, baik itu melalui media cetak, internet dan sebagainya. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah model NHT yang diberikan pada materi redoks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model NHT berbantuan Zoom dan Whatsapp serta korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi redoks di kelas X MIPA SMAN 10 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas X MIPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model NHT berbantuan Zoom dan Whatsapp oleh guru maupun siswa dan lembar observasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model NHT dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan uji korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh nilai keterlaksanaan model NHT berbantuan Zoom dan Whatsapp oleh siswa sebesar 67,59% termasuk dalam kategori baik. Nilai kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 64,52% termasuk dalam kategori baik. Pengujian hipotesis diperoleh tingkat hubungan sebesar 0,696 pada kategori kuat dengan tingkat pengaruh sebesar 48,44% pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara keterlaksanaan model NHT berbantuan Zoom dan Whatsapp dengan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: PUTRI AYU INDAH LESTARI
Date Deposited: 13 Jul 2021 02:43
Last Modified: 13 Jul 2021 02:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22730

Actions (login required)

View Item View Item