Kholid, Idkhom (2021) Pengembangan Video Animasi Menggunakan Software Adobe After Effects Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skirpsi Idkhom Kholid (RSA1C117015).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (32kB) |
Abstract
Pengembangan video animasi dalam penelitian ini dilator belakangi oleh kurang ketertarikan siswa kelas XI SMAN 10 Kota Jambi dalam memahami materi larutan penyangga. Sementara itu guru melalui wawancara berpendapat bahwa penggunaan berbagai metode sering menemui kendala, dan diperlukan suatu media yang dapat Meningkatkan ketertarikan siswa. Oleh karena itu dibutuhkan suatu produk video animasi guna mebantu membuat siswa untuk lebih tertarik memperhatikan pembelajaran materi larutan penyangga. Video animasi merupakan sebuah gambar bergerak yang berasal dari kumpulan berbagai objek yang disusun secara khusus sehingga bergerak sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu. Penelitian pengembangan ini dilakukan pada kerangka pengembangan Lee & Owens yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: Analyze (Menganalisis), Design (Desain), Develop (Mengembangkan), Implement (Melaksanakan) dan Evaluate (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara dan angket. Data yang terkumpul diolah secara deskriptif dan dianalisis berdasarkan jumlah skor dan persentase kualifikasi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi yang dikembangkan menggunakan software adobe after effect pada materi larutan penyangga valid menurut ahli materi dan ahli media karena produk telah memenuhi keriteria penyajian materi dan kemenarikan media, penilaian guru menunjukan bahwa video animasi pada materi larutan penyangga sangat baik dengan hanya menggunakan smartphone/laptop dan dapat menjadi media pembelajaran yang menarik, serta respon siswa yang menunjukan sangat baik terhadap video animasi tersebut. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa video animasi mendapat respon sangat baik dan dapat digunakan sebagai menarik minat belajar pada materi larutan penyangga.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Kholid |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 02:14 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 02:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22756 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |