PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP ORIENTASI KARIR MASA DEPAN SISWA KELAS XII MAN 1 KOTA SUNGAI PENUH

Ulfa, Aulia and Asradi, Asradi and Sarman, Freddi (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP ORIENTASI KARIR MASA DEPAN SISWA KELAS XII MAN 1 KOTA SUNGAI PENUH. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (316kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Lampiran angket.pdf

Download (512kB)

Abstract

ABSTRAK Aulia Ulfa. 2021. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Orientasi Karir Masa Depan Siswa Kelas XII MAN 1 Kota Sungai Penuh. Skripsi. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Asradi, MM. (2) Freddi Sarman, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Orientasi Karir Masa Depan Orientasi karir masa depan merupakan tingkat keyakinan anggota masyarakat atau organisasi pada pengaruh dari tindakan mereka saat ini terhadap masa depannya. Seseorang yang memiliki tingkat kemandirian belajar yang tinggi akan percaya diri dan yakin dengan kemampuannya untuk menghadapi masa depan. Oleh karena itu, skripsi ini dibuat untuk melihat dan mengukur pengaruh dari kemandirian belajar terhadap orientasi karir masa depan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kualitas dari kemandirian belajar dan orientasi karir masa depan siswa kelas XII di MAN 1 Kota Sungai Penuh dan besarnya pengaruh antar variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost-facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini 207 siswa diambil dari jumlah siswa kelas XII di MAN 1 Kota Sungai Penuh. Sampel diambil dengan tekhnik simpel random sampling dan jumlah sampel diambil dengan rumus sampel representatif dan didapatkan 80 siswa dari 207 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket kemudian data dianalisis untuk mendapatkan kualitas data menggunakan rumus formula C, klasifikasi data dengan rumus KIN dan besarnya pengaruh antar variabel dengan bantuan SPSS 26. Hasil dari penelitian ini adalah orientasi karir masa depan siswa kelas XII MAN 1 Kota Sungai Penuh berada pada kualitas baik yaitu 63,53%. Kemandirian belajar siswa kelas XII MAN 1 Kota Sungai Penuh berada pada kualitas baik yaitu 67,34%. Kemandirian belajar siswa berpengaruh dan berkontribusi signifikan terhadap orientasi karir masa depan siswa kelas XII MAN 1 Kota Sungai Penuh dengan tingkat kontribusi sebesar 29,7% dan nilai R sebesar 0,545 yang berarti variabel kemandirian belajar siswa berpengaruh kuat terhadap orientasi karir masa depan siswa. Selain itu berdasarkan hasil penelitian ditemukan persamaan analisi regresi sederhana yaitu Y= 13,484 + 0,511X, persamaan regresi sederhana ini memberikan prediksi bahwa skor kemandirian belajar siswa memberikan pengaruh positif sebesar 0,511 terhadap skor orientasi karir masa depan. Jika tidak ada dukungan dari skor kemandirian siswa maka skor orientasi karir masa depan akan konstan di 13,484. Hal ini juga dapat diartikan bahwa setiap kali kualitas kemandirian siswa mengalami peningkatan sebesar 1% maka kualitas orientasi karir masa depan siswa juga akan meningkat sebesar 0,511, begitu juga sebaliknya bahwa setiap kali kualitas kemandirian siswa mengalami penurunan sebesar 1% maka kualitas orientasi karir masa depan siswa juga akan mengalami penurunan sebesar 0,511.Dari hasil penelitian disarankan agar pihak sekolah dapat melakukan kegiatan dan layanan yang dapat meningkatkan kualitas kemandirian belajar siswa agar orientasi atau pandangan akan karir masa depan pada siswa juga semakin baik sehingga siswa mampu mempersiapkan pendidikan lanjutan atau pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Orientasi Karir Masa Depan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Aulia Ulfa
Date Deposited: 14 Jul 2021 03:04
Last Modified: 14 Jul 2021 03:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22819

Actions (login required)

View Item View Item