LEPO, AHMAD FAUZAN (2021) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DI SD NEGERI 58/I RAMBUTAN MASAM. S2 thesis, UNJA.
![]() |
Text
01 COVER PDF.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
02 HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBIG-dikonversi-dikompresi.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
03 COVERS ABSTRAK.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
06 COVERS BAB V.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
07 COVERS DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
08 CONVERS PENGESAHAN.pdf Download (29kB) |
Abstract
ABSTRAK STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DI SD NEGERI 58/I RAMBUTAN MASAM OLEH Ahmad Fauzan Lepo NIM P2A619011 (Program Studi Magister Pendidikan Dasar) Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran ataupun latihan, yang sedang berlangsung di sekolah dan diluar sekolah sepanjang hayat, dan untuk mempersiapkan siswa agar dapat belajar di dalam maupun di luar lingkungan secara tepat dimasa yang akan datang. Salah satu rencana yang harus dimiliki oleh guru untuk mengembangkan dan menanamkan nilai-nilai pendidikan adalah seorang guru harus memiliki strategi dalam bidang pendidikan, dengan memiliki strategi seorang guru akan memiliki pedoman dalam kegiatan belajar mengajar yang bisa menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih sistematis dan sesuai dengan kebutuhan akan materi yang ingin disampaikan oleh seorang pengajar. Tujuan penelitian ini adalah utntuk : (1) mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan rasa percaya diri siswa di SDN 58/I Rambutan Masam. (2) mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan rasa percaya diri siswa kelas IV melalui kegiatan diluar pembelajaran di SDN 58/I Rambutan Masam, (3) mendeskripsikan penghambat pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan rasa percaya diri siswa kelas IV di SDN 58/I Muara Rambutan Masam. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data, kemudian penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan rasa percaya diri dalam kegitan pembelajran di kelas IV SD negeri 58/I Rambutan Masam yaitu dengan kerja kelompok, keteladanan, pembiasaan, dan pemeberian ganjaran. (2) pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan rasa percaya diri siswa di luar pembelajaran SD Negeri 58/I Rambutan Masam adalah keteladanan dan pemberian sanksi. (3) faktor penghambat meliputi, kurangnya pengawasan guru dan orang tua, lingkungan masyarakat dan media. Kata kunci : Strategi guru, Rasa Percaya Di
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | AHMAD FAUZAN LEPO |
Date Deposited: | 14 Jul 2021 04:42 |
Last Modified: | 14 Jul 2021 04:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |