ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN KORELASINYA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN PEYANGGA DI SMA ADHYAKSA 1 JAMBI

Rabani, Ruslan (2021) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN KORELASINYA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN PEYANGGA DI SMA ADHYAKSA 1 JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
RUSLAN RABANI_SKIRPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Pembelajaran abad 21 denga kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik melibatkan keterampilan yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Keterampilan-keterampilan yang ada pada pendekatan saintifik tersebut merupakan komponen dari keterampilan proses sains. Sehingga untuk mencapai suatu proses keberhasilan pembelajaran pada kurikulum 2013 ini, perlu dikembangkan keterampilan proses sains. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan proses sains dalam pembelajaran adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan korelasinya dengan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan penyangga di SMA Adhyaksa 1 Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi konkuren.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran baik dari guru ( analisis kualitatif) maupun siswa (analisis kuantitatif), lembar observasi keterampilan proses sains siswa dan soal tes esai keterampilan proses sains siswa. Untuk melihat korelasi pelaksanaan model dengan keterampilan proses sains siswa dilakukan uji korelasi product moment. Persentase pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing oleh siswa adalah 70,39% dengan kategori baik dan persentase keterampilan proses sains siswa adalah 70,54% dengan kategori baik. Korelasi pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan keterampilan proses sains siswa diperoleh rxy = 0,7498 dengan tingkat hubungan kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berjalan dengan baik dan terdapat korelasi antara pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA SMA Adhyaksa 1 Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ruslan Rabani
Date Deposited: 16 Jul 2021 02:47
Last Modified: 16 Jul 2021 02:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22897

Actions (login required)

View Item View Item