Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Pemanfaatan Puskesmas Penerokan Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari

Sari, Nurmala and Amir, Andy and Solida, Adila (2021) Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Pemanfaatan Puskesmas Penerokan Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari. S1 thesis, Ilmu Kesehatan Masyarakat.

[img] Text (Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Pemanfaatan Puskesmas Penerokan Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari)
Skripsi_Nurmala Sari_N1A117001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
halaman judul.pdf

Download (48kB)
[img] Text
persetujuan 1 (2).pdf

Download (171kB)
[img] Text
pengesahan 2 fiks.pdf

Download (173kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB)

Abstract

Latar Belakang: Puskesmas Batanghari mengalami penurunan kunjungan yang cukup signifikan. Pada tahun 2017 penurunan pengunjung mencapai 190.704 orang, 2018 sebanyak 181.461 orang, dan pada tahun 2019 mencapai 160.561. Kondisi ini sangat berbeda dengan apa yang terjadi pada bulan Januari sampai Oktober 2020, kunjungan baru mengalami fluktuatif dan mengindikasi penurunan kualitas pelayanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap pemanfaatan Puskesmas Penerokan Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari. Metode Penelitian: Studi ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan. menggunakan metode survey cross sectional yang dilaksanakan di. Puskesmas Penerokan Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari pada bulan Oktober 2020 sampai bulan Juni. 2021. Menggunakan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling berjumlah 63 responden. Analisis yang digunakan adalah univariat dan bivariat. Hasil: Berdasarkan analisis univariat sebesar (74,6%) responden memanfaatkan pelayanan kesehatan puskesmas, sedangkan berdasarkan analisis bivariate, terdapat hubungan antara dimensi kehandalan dengan p-value = 0,007, cepat tanggap p dengan p-value = 0,003, jaminan dengan p-value = 0,005, empati dengan p-value = 0,000. Dan tidak ada hubungan bukti fisik dengan p-value = 0,116 dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan. Kesimpulan: terdapat hubungan kehandalan, cepat tanggap, jaminan, empati dan tidak ada hubungan bukti fisik terhadap pemanfaatan puskesmas Penerokan Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari. Kata Kunci: kualitas, pelayanan, pemanfatan, puskesmas

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Nurmala Sari
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:19
Last Modified: 16 Jul 2021 04:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23103

Actions (login required)

View Item View Item