Dewi, Windi Septiari (2021) PENGARUH AKTUALISASI DIRI DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP INTENSI MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Daftar Isi .pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan-dikompresi.pdf Download (227kB) |
Abstract
Dewi, Windi Septiari. 2021. Pengaruh Aktualisasi Diri Dan Biaya Pendidikan Terhadap Intensi Mengikuti Pendidikan Profesi Guru Pada Mahasiswa FKIP Universitas Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd. (II) Dr. Siti Syuhada, S.Pd., M.E. Kata Kunci: Intensi, Aktualisasi Diri, dan Biaya Pendidikan. Upaya membangun sumber daya manusia yang berkualitas, bukan hanya sekedar memperluas akses pendidikan saja, akan tetapi juga diharapkan meningkatkan mutu atau kualitas dari pendidik itu sendiri yaitu pendidik profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari variabel pengaruh aktualisasi diri dan biaya pendidikan secara parsial maupun simultan terhadap intensi mengikuti Pendidikan Profesi Guru pada Mahasiswa FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa FKIP Universitas Jambi dan hanya terfokus pada Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2017-2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling, dengan jumlah sampel 105 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh aktualisasi diri terhadap intensi mengikuti Pendidikan Profesi Guru. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil uji t, terlihat bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2,682 > 1,983 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara aktualisasi diri terhadap intensi mengikuti Pendidikan Profesi Guru (2) Tidak terdapat pengaruh biaya pendidikan terhadap intensi mengikuti Pendidikan Profesi Guru. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil uji t, terlihat bahwa nilai thitung < ttabel yaitu 0,286 < 1,983 sehingga tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya pendidikan terhadap intensi mengikuti Pendidikan Profesi Guru (3) Terdapat pengaruh aktualisasi diri dan biaya pendidikan terhadap intensi mengikuti Pendidikan Profesi Guru. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil uji F di mana nilai Fhitung 6,527 sedangkan Ftabel 3,1 karena 6,527 > 3,1 sehingga terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel aktualisasi diri dan biaya pendidikan terhadap intensi mengikuti Pendidikan Profesi Guru. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara aktualisasi diri dan biaya pendidikan terhadap intensi mengikuti Pendidikan Profesi Guru pada Mahasiswa FKIP Universitas Jambi. Peneliti menyarankan kepada peneliti lainnya, perlu diadakan penelitian lanjutan terkait faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan intensi mengikuti Pendidikan Profesi Guru.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Windi Septiari Dewi |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 02:49 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 02:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23263 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |