NABILA, ZIQRA (2021) PENGARUH PEMANFAATAN BANTUAN DANA PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017-2019 FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (42kB) |
Abstract
Prestasi belajar adalah sebagai penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf, maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu. Tujuan beasiswa adalah agar mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Dengan adanya beasiswa dapat membantu meringankan beban pengeluaran biaya. Dari beasiswa tersebut berbeda sasaran dan tujuan. Motivasi dalam hal belajar dapat berfungsi sebagai pendorong usaha pencapaian prestasi. Seseorang melakukan usaha karena adanya motivasi (Sadirman A.M 2014). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan bantuan dana pendidikan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2017-2019 FKIP Universitas Jambi. Metode yang digunakan adalah metode deskiptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017-2019 universitas jambi yang berjumlah 85 mahasiswa. Adapun alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, kemudian diolah dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis uji t dengan bantuan program SPSS 21.0 for Windows diperoleh thitung sebesar 2,470 dan ttabel 1.66342 atau 2,470 > 1.66342 dan nilai signifikansi lebih kecil dari probabilitas 0,05, atau 0,003 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa variabel Pemanfaatan Bantuan Dana Pendidikan (X1) memiliki kontribusi terhadap Prestasi Belajar (Y). Kemudian, Berdasarkan analisis uji t dengan bantuan program SPSS 21.0 for Windows diperoleh thitung sebesar 2,386 dan ttabel 1.66342 atau 2,386 > 1.66342 dan nilai signifikansi lebih besar dari probabilitas 0,05, atau 0,002 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa variabel motivasi belajar (X2) memiliki kontribusi terhadap Prestasi Belajar (Y). Dan Berdasarkan analisis uji F dengan bantuan SPSS 21.0 for Windows diperoleh Fhitung sebesar 3,178 dengan nilai sig = 0,003. Nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (3,766 > 3,11), dan nilai sig, lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,003 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikansi antara variabel independen pemanfaatan bantuan dana pendidikan (X1) dan prestasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) pada mahasiswa pendidikan Ekonomi Universitas Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ZIQRA NABILA |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 02:50 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 02:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |