ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN SCAFFOLDING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA SECARA DARING DAN KORELASINYA DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Lestari, Sri (2021) ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN SCAFFOLDING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA SECARA DARING DAN KORELASINYA DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. S1 thesis, Universita Jambi.

[img] Text
SKRIPSI SRI LESTARI A1C117041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (195kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
CamScanner 07-19-2021 11.14 (2).pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)

Abstract

ABSTRAK Lestari, Sri. 2021. Analisis Pelaksanaan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Scaffolding Pada Materi Larutan Penyangga Secara Daring Dan Korelasinya Dengan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes, Pembimbing II: Dra. Fatria Dewi, M.Pd. Kata Kunci : Scaffolding, Model Problem Based Learning, pembelajaran daring, Keterampilan Berpikir Kreatif, Larutan Penyangga. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran secara daring yang berdampak pada proses pembelajaran serta keterampilan berpikir kreatif. Siswa biasanya hanya menerima pada informasi yang diberikan oleh guru dan berfokus pada informasi yang mereka dapat dari buku maupun internet dari pada harus menalar dari sendiri dengan kreatif sehingga siswa hanya menerima dan menghafal konsep tanpa memahami dan tidak mengkaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah model Problem Based Learning (PBL) dengan scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi model PBL (scaffolding) dengan keterampilan berpikir kreatif siswa. Keterampilan berpikir kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru yang terdiri dari beberapa aspek yaitu kepekaan (sensitivity), kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Pendekatan yang digunakan penelitan ini adalah pendekkatan campuran (mix method) dengan jenis triangulasi konkruen. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 1. Instrument dalam penelitian ini berupa lembar observasi siswa dan guru, tes essay, dan lembar observasi keterampilan berpikir kreatif. Untuk melihat hubungan antara model PBL (scaffolding) dengan keterampilan berpikir kreatif siswa diuji dengan menggunakan uji korelasi dan dilanjutkan dengan uji determinasi untuk mengetahui pengaruh secara tidak langsung. Hasil penelitian diperoleh nilai korelasi yaitu 0,68 yang mana korelasi keterlaksanaan model dengan keterampilan berpikir kreatif berada pada kategori kuat. Dan dengan uji determinasi di peroleh pengaruh sebesar 47,43% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi model PBL (scaffolding) dengan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 1 SMAN 3 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 22 Jul 2021 03:33
Last Modified: 22 Jul 2021 03:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23400

Actions (login required)

View Item View Item