Pengembangan e-Modul Pada Materi Larutan Penyangga Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Kelas XI SMA

Hutauruk, Aryanti Febry (2021) Pengembangan e-Modul Pada Materi Larutan Penyangga Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Kelas XI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (503kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (310kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (200kB)
[img] Text
SKRIPSI_FEBRY ARYANTI HUTAURUK (A1C117073).pdf

Download (9MB)

Abstract

Ilmu kimia sebagai ilmu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari membuat siswa harus mempunyai konsep terlebih dahulu tentang kimia melalui kehidupan sehari-hari. pendekatan Chemo-entreprenurship hadir sebagai salah satu pendekatan yang tepat dalam pembelajaran kimia. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui prosedur dalam mengembangkan e-Modul pada materi larutan penyangga berorientasi chemo-entrepreneurship kelas XI SMA. (2) mengetahui kelayakan secara konseptual/teoritis terhadap e-Modul pada materi larutan penyangga berorientasi chemo-entrepreneurship kelas XI SMA. (3) mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap e-Modul pada materi larutan penyangga berorientasi chemo-entrepreneurship kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah e-Modul pada materi larutan penyangga berorientasi chemo-entreprenurship yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, dan masing-masing diperoleh rerata skor penilaian sebesar 4,44 (sangat layak), 4,43 (sangat layak), serta dinyatakan layak untuk diujicobakan. selanjutnya berdasarkan penilaian guru, e-Modul yang dikembangkan telah sesuai dan layak untuk diujicobakan pada siswa, diperoleh rerata skor sebesar 4,33 (sangat layak) serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan persentase respon siswa sebesar 89,08%. berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-Modul ini sangat baik dan layak layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi larutan penyangga.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: FEBRY ARYANTI HUTA URUK
Date Deposited: 21 Jul 2021 02:57
Last Modified: 21 Jul 2021 02:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23456

Actions (login required)

View Item View Item