Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Tokoh KH Ahmad Dahlan sebagai Sumber Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Siswa Sekolah Menengah Atas

Hidayat, Ahmad Fais (2021) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Tokoh KH Ahmad Dahlan sebagai Sumber Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Siswa Sekolah Menengah Atas. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (100kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB 5 PENUTUP.pdf

Download (183kB)

Abstract

Memudarnya nilai-nilai pendidikan karakter bagi para peserta didik saat ini dibuktikan dengan banyaknya terjadi kasus seperti tawuran antar pelajar, kekerasan seksual, penganiayaan, aksi bullying, siswa yang tidak menghormati guru, siswa yang bangga dengan kebudayaan Barat, bangga memakai produk luar negeri. berangkat dari permasalahan di atas, melalui pembelajaran sejarah diharapkan dapat menumbuhkan mengembangkan karakter peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter pada tokoh KH Ahmad Dahlan sebagai sumber belajar sejarah di Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode kepustakaan teknik analisis isi dengan tahapan penelitian sejarah heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian adalah ditemukan sepuluh karakter umum pada tokoh KH Ahmad Dahlan karakter itu adalah: (1) Religius; (2) Toleransi; (3) Disiplin, (4) Kerja keras; (5) Kreatif; (6) Mandiri; (7) Demokrasi; (8) Komunikatif; (9) Gemar Membaca; (10) Tanggung Jawab. Nilai karakter khusus, ditemukan lima nilai karakter pada tokoh Sutan Sjahrir, diantaranya: (1) Semangat Kebangsaan (2) Cinta tanah air; (3) Peduli Sosial. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan nilai karakter KH Ahmad Dahlan sebagai sumber belajar sejarah di Sekolah Menengah Atas dilakukan dengan: a) Memasukkan hasil nilai karakter terpilih dari KH Ahmad Dahlan ke dalam silabus mata pelajaran sejarah;b) Memasukkan nilai pendidikan karakter dalam RPP; serta c) Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP dengan memperhatikan proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: AHMAD FAIS HIDAYAT
Date Deposited: 23 Jul 2021 06:54
Last Modified: 23 Jul 2021 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23472

Actions (login required)

View Item View Item