Munawaroh, Siti (2021) ANALISIS PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN ZOOM MEETING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_SITI MUNAWAROH_RSA1C117003 (AutoRecovered).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER_SITI MUNAWAROH_RSA1C117003 (AutoRecovered).pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING & PENGESAHAN_SITI MUNAWAROH_RSA1C117003 (AutoRecovered).pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_SITI MUNAWAROH_RSA1C117003 (AutoRecovered).pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
BAB I_SITI MUNAWAROH_RSA1C117003 (AutoRecovered).pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
BAB V_SITI MUNAWAROH_RSA1C117003 (AutoRecovered).pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_SITI MUNAWAROH_RSA1C117003 (AutoRecovered).pdf Download (192kB) |
Abstract
ABSTRAK Munawaroh, S., 2021. Analisis Penerapam Model Think Talk Write Berbantuan Zoom Meeting Pada Materi Larutan Penyangga dan Korelasinya Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi, jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengentahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Prof. Dr. rer. nat. Muhaimin, S.Pd., M.Si, Pembimbing II: Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si Kata Kunci: Model Think Talk Write berbantuan Zoom Meeting, Berpikir Kritis, Larutan Penyangga Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran yang terjadi pada siswa, dimana siswa yang cenderung kurang aktif dalam pembelajaran, rasa ingin tahu yang minim yang cenderung kearah menghapal yang menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa tidak berkembang dengan baik yang mana dalam kurikulum 2013 siswa dituntut untuk mampu berpikir kritis. Maka sebab itu peneliti mencoba menerapkan model Think Talk Write berbantuan Zoom Meeting. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Think Talk Write berbantuan Zoom Meeting pada materi larutan penyangga dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 10 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif korelasional dengan jenis pendekatan campuran (Mix Method) jenis triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel yang dipakai yaitu Purposive Sampling, yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi penerapan model pembelajaran oleh guru dan siswa serta tes esai. Untuk melihat korelasi penerapan model pembelajaran Think Talk Write dilakukan uji korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan uji korelasi Product Moment diketahui bahwa penerapan model Think Talk Write untuk sintak pendahuluan diperoleh nilai rxy sebesar 0,53 untuk sintak Think (Berpikir) diproleh nilai rxy sebesar 0,45 untuk sintak Talk (Berdiskusi) diperoleh nilai rxy sebesar 0,52 untuk sintak Write (Menulis) diperoleh nilai rxy sebesar 0,42 dan untuk sintak penutup diperoleh rxy sebesar 0,69. Untuk korelasi antara penerapan model Think Talk Write berbantuan Zoom Meeting diperoleh nilai rxy sebesar 0,67 dengan kategori tingkat hubungan “kuat”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa model Think Talk Write berbantuan Zoom Meeting berjalan dengan baik dan terdapat korelasi antara penerapan model Think Talk Write dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga dikelas XI MIPA 4 SMAN 10 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Siti Munawaroh |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 07:10 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 07:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23947 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |