CHAIRANI, SITI and Purnomo, Budi and Siregar, Isrina (2021) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KESENIAN HADRAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAN 3 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVE SAMPUL.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
IMG_20210722_0003.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK...pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB. V.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN..pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Chairani, Siti. 2017. Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian Hadrah Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas XI IPS MAN 3 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M. Pd., (II) Isrina Siregar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Kesenian Hadrah, Karakter Religius. Sekolah merupakan forum pendidikan yang berguna untuk membina peserta didik agar mempunyai kemampuan, kecerdasan, keterampilan, serta menumbuh kembangkan individu agar beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. Dalam membentuk karakter peserta didik dapat dilakukan dengan kegiatan belajar mengajar disekolah dan kegiatan diluar sekolah. Membentuk karakter peserta didik merupakan tujuan dari kebrhasilan pendidik, Lemahnya karakter yang dimiliki generasi muda sekarang ini banyak menui problem. Melihat hal tersebut perlunya untuk membentuk karakter peserta didik salah satunya karakter religius yang dapat diterapkan di sekolah melalui pembelajaran diluar kelas seperti kegiatan ekstrakurikuler hadrah. Ekstrakurikuler kesenian hadrah selain dapat mengembangkan minat dan bakat peserta didik juga dapat membentuk karakter siswa, terutama karakter religius. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler kesenian Hadrah di MAN 3 Muaro Jambi, dan untuk mengetahui bagaimana impelemntasi kegiatan ekstrakurikuler kesenian Hadrah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN 3 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif menggunakan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler kesenian hadrah terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Kegiatan ekstrakurikuler kesenian hadrah pada saat latihan yaitu sholat asar berjamaah, membaca doa bersama sebelum latihan, membaca alfatiha, shalawat bersama, setalah latihan diakhiri dengan pembahasan evaluasi untuk latihan selanjutnya, lalu ditutup dengan doa dan absen. Implementasi kegiatan ekstrakurikuler kesenian hadrah dalam membentuk karakter religius peserta didik dengan persentase 74,23% hal ini berarti karakter religius peserta didik baik dan terbentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler kesenian hadrah. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan hadrah berupa suatu kegiatan dibiding kesenian yang diaminkan dengan alat hadrah beserta lantunan syair shalawat dan barzanji. Dari kegiatan ekstrakurikuler kesenian hadrah di MAN 3 Muaro Jambi dapat membentuk karakter religius peserta didik, serta memberikan pengaruh yang positif bagi peserta didik dan juga lingkungan sekitar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | SITI CHAIRANI |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 02:07 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 02:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |