PENGARUH KARAKTER BERSAHABAT/KOMUNIKATIF SISWA TERHADAP SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI

Firmansyah, Riko (2021) PENGARUH KARAKTER BERSAHABAT/KOMUNIKATIF SISWA TERHADAP SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (463kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (10MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (319kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara karakter bersahabat/komunikatif siswa terhadap sikap siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri Se- Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi yaitu di SMP Negeri 16 Kota Jambi dan SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai bulan Mei 2021. Data penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan angket karakter bersahabat/komunikatif siswa dan sikap siswa pada mata pelajaran IPA. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif tipe regresi linier sederhana serta dengan dengan deskriptif inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh antara karakter bersahabat/komunikatif siswa terhadap sikap siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri Se-Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi. Hal ini dibuktikan pada nilai signifikansi sebesar 0.000 yang memenuhi syarat < 0.05, dengan sumbangsih pengaruh variabel X (Karakter bersahabat/komunikatif) terhadap variabel Y (Sikap) sebesar 22% sedangkan sisanya 78% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini yang selanjutnya disebut variabel intervening. Selanjutnya didapatkan pula persamaan regresi Y = 156.808 + 0.296x. Sehingga dapat disimpulkan apabila siswa memiliki karakter bersahabat yang baik, maka siswa juga akan menunjukkan sikap yang baik pula dalam belajar, terutama dalam belajar IPA. Abstract: This study aims to determine whether there is an influence between the friendly/communicative character of students on students' attitudes towards science subjects at State Junior High Schools throughout Alam Barajo District, Jambi City, namely in SMP Negeri 16 Jambi City and SMP Negeri 22 Jambi City. This research was conducted from February to May 2021. The data of this research was obtained by distributing questionnaires on the friendly/communicative character of students and students' attitudes towards science subjects. After the questionnaire was returned, the data were analyzed quantitatively using simple linear regression and descriptive inferential. The results showed that Ha was accepted and Ho was rejected. This means that there is an influence between the friendly/communicative character of students on students' attitudes towards science subjects at State Junior High Schools in Alam Barajo District, Jambi City. This is evidenced by the significance value of 0.000 which meets the requirements < 0.05, with the contribution of the influence of the X variable (friendly/communicative character) on the Y variable (Attitude) by 22% while the remaining 78% is influenced by other factors not examined in this study. hereinafter referred to as the intervening variable. Furthermore, the regression equation Y = 156.808 + 0.296x is also obtained. So it can be concluded that if students have good friendly characters, students will also show a good attitude in learning, especially in learning science.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sikap, karakter, bersahabat/komunikatif, pengaruh, Sekolah Menengah Pertama. attitude, character, friendly/communicative, influence, Junior High School.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Firmansyah
Date Deposited: 23 Jul 2021 02:53
Last Modified: 23 Jul 2021 02:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23983

Actions (login required)

View Item View Item